Karyawan memindahkan tumpukan uang rupiah di cash pooling Bank Mandiri, Jakarta, Jum'at, 21 Januari 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Dunia

Terima Transferan Rp774 Triliun, Pria Ini Rasakan Jadi Miliarder Dunia

  • Seorang pria asal Amerika Serikat, Darren James dikabarkan baru saja menerima rezeki nomplok
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

WASHINGTON- Seorang pria asal Amerika Serikat, Darren James dikabarkan baru saja menerima rezeki nomplok. 

Tak ada angin ataupun hujan, James menerima transefan uang kisaran US$50 miliar atau setara Rp744 triliun (asumsi kurs Rp14.900 per dolar AS).

Sesaat ketika menemui saldo rekeningnya memiliki banyak angko nol, James tentu saja tercengang. Dengan kekayaan sebanyak itu, ia bahkan lebih kaya 10 kali lipat dari bos Virgin Richard Branson. Serta menjadi orang terkaya di dunia nomor 25.

"Sungguh gila rasanya, karena saya belum pernah melihat angka nol sebanyak itu dalam hidup saya," ujar James seperti dikutip TrenAsia.com dari Mirror Minggu, 18 September 2022.

Namun James yang berprofesi sebagai agen perumahan itu adalah sosok yang jujur. Merasa uang tersebut bukan hasil kerja kerasnya ia menghubungi Chase Bank untuk mengatur pengembalian uang tersebut kepada pemilik yang sah.

James merasa saat itu menyimpan kekayaan yang bukan miliknya akan dianggap sebagai pencurian.

"Kami tahu itu bukan milik kami. Kami tidak mendapatkannya, jadi kami tidak bisa berbuat apa-apa dengan itu," kata James.

Sesaat setelah melakukan laporan, uang triliunan rupiah itu menghilang dari Rekening James. Meski demikian, Chase Bank tidak pernah mengungkapkan dari mana uang itu berasal, atau bagaimana kesalahan itu terjadi hingga kini.