Ilustrasi negative thinking (Pexels / Mart Production)
Gaya Hidup

Terjebak Pikiran Negatif? Tenang, Berikut 3 Cara Mengatasinya

  • 3 cara mangatasi terjebak dalam pikiran negatif. 1. Berlatih menjalani hidup berkesadaran. 2. Tingkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh Anda. 3. Lepaskan pikiran Anda
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Terjebak dalam pikiran negatif memang rasanya sangat tidak nyaman. Hal ini membuat Anda merasa resah, khawatir, hingga ketakutan.

Bila Anda sedang berada dalam kondisi ini, maka tak mustahil Anda akan merasa kesulitan untuk memutuskan sesuatu karena Anda cenderung bimbang pada perasaan salah dan benar. 

Terlebih jika Anda meyakini diri Anda telah melakukan kesalahan, maka Anda akan diselimuti oleh perasaan bersalah yang tak kunjung reda sehingga menurunkan rasa percaya diri Anda.

Selain itu, Anda juga akan merasakan emosi yang tidak stabil, membuat Anda kelelahan karena terkuras dengan pemikiran sendiri. Hal ini juga menghambat kinerja dan aktivitas Anda.

Dilansir dari laman amosuir, berikut adalah 3 cara mangatasi terjebak dalam pikiran negatif:

1. Berlatih menjalani hidup berkesadaran
Salah satu nilai yang akan Anda dapatkan ketika berlatih menjalani hidup berkesadaran adalah dengan hidup di masa kini. Anda tidak lagi menyesali masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Ini tentu baik untuk Anda, karena dapat meningkatkan rasa bahagia dan mengurangi perasaan stres dan cemas.

2. Tingkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh Anda
Berjalanlah keluar rumah, nikmati udara segar. Akan lebih baik jika Anda memutuskan untuk berjalan di alam sepeti hutan dan pantai. Tarik nafas panjang dan rasakan ketenangan memenuhi pikiran Anda.

3. Lepaskan pikiran Anda
Lepaskan semua pikiran Anda. Beragam cara dapat Anda coba untuk melepaskan pikiran Anda diantaranya adalah dengan berbicara kepada orang yang Anda sayangi, berbicara dengan diri sendiri hingga menuliskan isi pikiran Anda ke dalam buku jurnal. 

Anda mungkin akan dibuat terkejut akan fakta bahwa ternyata masalah Anda tak serumit itu. Pikiran Andalah yang selama ini membesar besarkan masalah. Tuliskan semua ketakutan dan kekhawatiran Anda.

Nah berikut tadi adalah 3 cara untuk mengatasi kondisi terjebak dalam pikiran negatif, semoga bermanfaat!