Tom Sizemore.jpg
Gaya Hidup

Terkenal dalam Film Saving Private Ryan, Aktor Tom Sizemore Meninggal Dunia

  • Aktor Tom Sizemore yang dikenal karena perannya dalam Saving Private Ryan dan Black Hawk Down meninggal dunia pada usia 61 tahun.
Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

CALIFORNIA- Aktor Tom Sizemore yang dikenal karena perannya dalam Saving Private Ryan dan Black Hawk Down meninggal dunia pada usia 61 tahun.

Sizemore menemukan ketenaran pada 1990-an dan  sering memainkan peran pendukung sebagai pria tangguh - biasanya militer, polisi, atau kriminal. Beberapa film terkenal yang juga dia bintangi antara lain Natural Born Killers, Pearl Harbor dan Heat.

Tetapi dia juga memiliki masalah narkoba dan menjalani hukuman penjara karena kekerasan dalam rumah tangga.

Sizemore telah koma sejak menderita pecahnya aneurisma otak pada 18 Februari. Manajernya, Charles Lago, mengatakan dia meninggal pada  Jumat 3 Maret 2023 di sebuah rumah sakit di Burbank, California. "Keluarga Sizemore terhibur oleh ratusan pesan dukungan," kata Lago. Dia mengatakan putra Sizemore sangat terpukul, dan meminta agar privasi mereka dihormati.

Saudara laki-lakinya, Paul Sizemore, berkata: "Saya sangat sedih atas kehilangan kakak laki-laki saya Tom. Dia lebih besar dari kehidupan. Dia telah mempengaruhi hidup saya lebih dari siapa pun yang saya kenal.”

Lahir di daerah kelas pekerja Detroit, Sizemore memperoleh gelar master di bidang teater sebelum memulai karier di Hollywood dengan peran kecil dalam Born on the Fourth of July karya Oliver Stone pada 1989.

Pekerjaan itu menghasilkan peran yang lebih besar dalam drama tahun 1990-an seperti Tony Scott's True Romance, Devil in a Blue Dress duet Denzel Washington, dan film biografi Wyatt Earp, bersama Kevin Costner.

Stone muncul lagi dalam Natural Born Killers yang kontroversial sebagai Detektif Jack Scagnetti yang kejam. Dan dia berperan sebagai antek penjahat Robert De Niro di Heat.

Dalam film pemenang Oscar Saving Private Ryan pada tahun 1998, dia berada di sisi Tom Hanks sebagai Sersan Horvath.

Sizemore dinominasikan untuk Golden Globe karena berperan sebagai mafia dalam film TV Witness Protection tahun 1999, dan mengisi suara bos mafia Sonny Forelli di Grand Theft Auto: Vice City pada tahun 2002.

Masalah Narkoba

Dengan ketenaran dan uang muncullah kebiasaan menggunakan narkoba yang berat. Dan menulis dalam otobiografinya tentang kecanduan heroin dan sabu.

Dia menceritakan bagaimana De Niro mendorongnya ke salah rehabilitasi pada tahun 1995 dan   memberi tahu Sizemore bahwa dia akan "menangkapnya karena kepemilikan heroin" jika dia tidak pergi ke pusat perawatan. Sizemore memilih rehabilitasi.

Ketika syuting Saving Private Ryan  sutradara Steven Spielberg dilaporkan mengancam akan memecat aktor tersebut terbutki menggunakan narkoba dan merekam ulang film tersebut tanpa dirinya.

Pada tahun 1997, dia ditangkap karena dicurigai menyerang istri, aktris, dan pemain tenis Maeve Quinlan. Mereka bercerai dua tahun kemudian.

Pada tahun 2003, dia dijatuhi hukuman enam bulan penjara karena memukuli pacarnya, mantan nyonya Hollywood Heidi Fleiss. Dan dia diperintahkan untuk menyelesaikan lebih banyak rehabilitasi.

Pada tahun 2005, dia kembali ke penjara karena melanggar masa percobaannya dengan gagal dalam tes narkoba. Menurut jaksa, Sizemore pernah tertangkap satu kali sebelum mencoba menggunakan perangkat serupa.

Dua tahun kemudian, dia dijatuhi hukuman 16 bulan karena melanggar ketentuan masa percobaannya, dan juga ditangkap karena mengemudi di bawah pengaruh alkohol.

"Saya telah menjalani kehidupan yang menarik," tulisnya. "Tetapi aku tidak bisa memberitahumu apa yang akan kuberikan untuk menjadi pria yang tidak kamu ketahui sama sekali."