Ilustrasi LinkedIn.
Gaya Hidup

Terkesan Lebih Mudah, Ternyata Ini 5 Kerugian Menggunakan Media Sosial untuk Mencari Kerja

  • Inilah beberapa kekurangan menggunakan media sosial untuk mencari kerja.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kemajuan teknologi membuat kehidupan kita sehari-hari jadi semakin mudah. Tidak terkecuali soal mencari kerja yang sekarang bisa lebih mudah karena ada media sosial tanpa harus repot mengirim resume atau lamaran pekerjaan lewat pos. Anda lebih mudah mendapatkan informasi soal lowongan pekerjaan dengan cepat lewat media sosial.

Namun, meski media sosial dapat membantu mencari pekerjaan, media sosial juga dapat menimbulkan bahaya atau kerugian yang mungkin memengaruhi proses pencarian pekerjaan Anda. Berikut penjelasannya.

Kerugian Menggunakan Media Sosial untuk Mencari Kerja

Kerugian Menggunakan Media Sosial untuk Mencari Kerja

1. Privasi terancam

Seperti yang dilansir dari laman Make Use of, pengguna media sosial memiliki alasan yang kuat untuk mengkhawatirkan keamanan online mereka apalagi ketika menggunakan media sosial. Selain itu, ketika Anda mengunggah atau memposting sesuatu secara online, hal itu bisa membawa konsekuensi tersendiri. Anda juga tidak dapat mengontrol reaksi orang terhadap konten Anda.

2. Lebih banyak distraksi

Media sosial dapat menyebabkan Anda mengembangkan kebiasaan yang tidak sehat. Ketergantungan menggunakan media sosial dapat membuat Anda terbiasa untuk takut ketinggalan dan tidak ingin segera menyelesaikan tugas. 

3. Butuh waktu untuk mengoptimasi media sosial

Meski sekarang ada banyak fitur di media sosial yang membantu Anda mengoptimasi fitur media sosial, Anda tetap memerlukan waktu untuk mengedit foto dan menulis konten baru.

Selain itu, jik Anda tidak meluangkan waktu untuk memposting konten secara teratur, profil Anda tidak akan muncul di feeds media sosial dan perekrut mungkin menganggap profil Anda sudah usang atau tidak update.

4. Membuat Anda jadi insecure

Media sosial memang memudahkan kita untuk mendapatkan informasi dengan cepat serta melihat berbagai referensi konten dari akun lain. Namun, media sosial juga membuat Anda jadi membandingkan perjalanan karier Anda dengan orang lain yang dapat menimbulkan rasa insecure dan kecemburuan. 

5. Menimbulkan bias

Salah satu kekurangan dari mempromosikan profil diri Anda di media sosial adalah karena dapat menimbulkan bias. Bisa jadi penilaian perekrut hanya berdasarkan atas foto profil atau foto Anda dan tidak dari keterampilan kerja Anda.

Itu tadi beberapa kekurangan menggunakan media sosial untuk mencari kerja. Apakah Anda masih tertarik menggunakan media sosial untuk mencari kerja?