<p>Petugas PLN merekam pencatatan meteran listrik di rumah warga kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa 30 Juni 2020. PLN memastikan seluruh petugas pencatatan meter mendatangi langsung rumah pelanggan pascabayar untuk digunakan sebagai dasar perhitungan tagihan listrik bulan Juli 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Terkesan Sepele, 5 Alat Elektronik Ini Bisa Buat Tagihan Listrik Membengkak

  • Inilah beberapa alat elektronik yang dapat meningkatkan penggunaan energi di rumah yang membuat tagihan listrik jadi membengkak.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Apakah Anda pernah merasa keheranan usai mengetahui token listrik yang cepat habis atau tagihan listrik yang semakin membengkak setiap bulannya? Jika iya, ada baiknya Anda mulai meneliti kembali kebiasaan penggunaan perangkat elektronik Anda.

Hal ini karena penggunaan beberapa alat elektronik tertentu ternyata dapat memicu naiknya tagihan listrik, seperti berikut ini.

5 Alat Elektronik Ini Bisa Buat Tagihan Listrik Membengkak

1. Mesin Pengering

Mesin pengering baju adalah salah satu alat elektronik penguras energi yang sangat besar, apalagi ketika musim hujan di mana Anda kesulitan untuk mengeringkan baju. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan mesin cuci pada siklus 30 derajat Celcius dan kurangi penggunaannya sebanyak satu putaran dalam seminggu. 

2. AC

Penggunaan AC di dalam ruangan memang membuat suasana jadi lebih sejuk dan nyaman. Namun, AC merupakan alat elektronik yang menggunakan energi paling banyak dari peralatan elektronik di rumah. Anda bisa mencoba menghemat dengan cara mengurangi penggunaan AC, membuka jendela, dan memilih menggunakan kipas angin.

3. Pemanas Air

Pemanas air menempati urutan kedua dari penggunaan energi terbesar di rumah. Jika Anda membutuhkan air panas untuk minum, sebaiknya Anda memasak air lewat kompor agar lebih hemat.

4. Oven Listrik

Oven kerap digunakan untuk membuat cake, roti, kue, hingga daging atau ayam panggang. Oven yang menggunakan daya tinggi akan membuat tagihan listrik jadi melonjak, apalagi jika Anda hanya menggunakan oven tersebut untuk memasak makanan dalam ukuran lebih kecil.

5. Kulkas

Kulkas merupakan alat elektronik yang harus selalu tersambung listrik. Namun, jika Anda mengisi freezer secara tidak penuh dan masih banyak ruang kosong, hal itu justru semakin banyak energi yang akan digunakan. Selain itu, peningkatan energi yang digunakan juga bisa disebabkan karena Anda lupa defrost kulkas dan freezer.

Itu tadi beberapa alat elektronik yang dapat meningkatkan penggunaan energi di rumah yang membuat tagihan listrik jadi membengkak.