Aktor Guardians of the Galaxy Ini Disebut Minum Air Terlalu Banyak, Apakah Berbahaya?
Rumah & Keluarga

Terlalu Banyak Konsumsi Air Bisa Bikin Keracunan, Cek Faktanya?

  • Simak penjelasan mengenai aktor film Guardians of The Galaxy, Chris Pratt yang disebut minum air terlalu banyak, sekaligus dampaknya terhadap kesehatan.
Rumah & Keluarga
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Minum air putih adalah hal yang disarankan karena memiliki manfaat kesehatan. Akan tetapi, minum lebih banyak air tidak selalu bermanfaat lebih baik untuk tubuh.

Seperti yang dilansir Trenasia dari Healthline Jumat, 14 Oktober 2023, sebuah artikel di Vanity Fair tampak membagikan rincian rutinitas kebugaran dan nutrisi dari Chris Pratt, salah satu aktor dari film Guardians of the Galaxy. Kabarnya, kebiasaan yang dilakukan oleh Chris Pratt ini justru memicu kekhawatiran karena jumlah air yang diminum aktor tersebut setiap hari sangat mengkhawatirkan.

Publikasi awalnya melaporkan bahwa Chris Pratt minum 200 gelas air sehari. Namun, publikasi tersebut kemudian diedit dan menjelaskan bahwa Chris Pratt sebenarnya meminum sekitar satu ons air per pon berat badannya, seperti yang disarankan untuk dilakukan oleh ahli gizi.

Mengingat Chris Pratt memiliki berat lebih dari 200 pon atau sekitar 90 kg, itu berarti ia mengonsumsi lebih dari 5,6 liter air sehari. Namun, beberapa ahli justru mengatakan jumlah ini berbahaya dan dapat mengakibatkan keracunan air.

Topik mengenai keracunan air sendiri ternyata jadi bahan pembicaraan selama musim panas, ketika banyak orang mengalami kondisi yang tidak menyenangkan setelah mencoba tantangan 75 Hard dari TikTok. Selain mendorong orang untuk mengembangkan kebiasaan kesehatan dan kebugaran yang agak ekstrem, tren ini juga melibatkan konsumsi 3,7 liter sehari, jumlah air yang dapat membuat tubuh jadi sakit.

Risiko Kesehatan Akibat Minum Air Terlalu Banyak

Risiko kesehatan akibat minum air terlalu banyak

Minum air terbukti membantu penurunan berat badan, meningkatkan tingkat energi fisik, dan meningkatkan fungsi otak. Akan tetapi, jika minum terlalu banyak maka tubuh bisa jadi terlalu terhidrasi.

Bari Stricoff, seorang ahli diet terdaftar dari WellEasy mengatakan bahwa ia terkejut dengan klaim bahwa Chris Pratt minum lebih dari 5,6 liter sehari.

Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan kondisi berbahaya yang disebut hiponatremia. pada dasarnya, hiponatremia adalah suatu kondisi ketidakseimbangan, di mana konsentrasi natrium di darah jadi sangat rendah.

Stricoff juga mengatakan bahwa kebiasaan minum air terlalu banyak ini berbahaya karena natrium adalah elektrolit penting yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan, fungsi saraf, dan kontraksi otot. Natrium membantu mengatur jumlah cairan di dalam dan di luar sel, dan ketika kadar natrium dalam darah jadi sangat rendah, maka air berpindah dari darah ke dalam sel untuk menyeimbangkan konsentrasinya. Hal ini dapat menyebabkan sel jadi membengkak.

Sel tubuh yang membengkak dapat menimbulkan mual dan muntah, sakit kepala, lelah, lesu, kram otot, kejang otot, bahkan yang lebih parah bisa mengakibatkan kejang atau bahkan koma. Jika Anda terus minum air dalam jumlah berlebihan dalam jangka panjang, risikonya adalah hiponatremia kronis.

Menurut Jane Hutton, ahli gizi di The Functional Foodie, kebiasaan minum terlalu banyak air juga dapat membebani ginjal dan mempercepat penurunan fungsi ginjal seiring berjalannya waktu.

Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Per Hari?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda harus minum delapan gelas atau dua liter air sehari. Pada kenyataannya, tidak ada aturan pasti mengenai berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari. Hal ini sebenarnya sangat individual dan sebagian bergantung pada gaya hidup Anda.

Itu tadi penjelasan mengenai aktor film Guardians of The Galaxy, Chris Pratt yang disebut minum air terlalu banyak, sekaligus dampaknya terhadap kesehatan.