<p>Karyawan menata buku yang tersusun di rak area Perpustakaan Nasional, di Jakarta, Rabu 10 Juni 2020. Perpustakaan Nasional telah mempersiapkan sejumlah aturan dan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 jelang dibuka kembali pada masa PSBB transisi menuju New Normal. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Dunia

Terlambat Hampir Setengah Abad, Sebuah Buku Akhirnya dikembalikan ke Perpustakaan di Indiana

  • Sebuah buku yang tercatat dipinjam sejak 49 tahun lalu, baru-baru ini akhirnya dikembalikan ke perpustakaan kampus di Indiana, Amerika Serikat.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

INDIANA – Sebuah buku yang tercatat dipinjam sejak 49 tahun lalu, baru-baru ini akhirnya dikembalikan ke perpustakaan kampus di Indiana, Amerika Serikat. 

Sarah Henderson, direktur Perpustakaan Hewes di Monmouth College, mengatakan seorang peminjam bernama John Carlson telah mengembalikan Salinan Battles on the Monsoon: Campaigning in the Central Highlands karya S.L.A. Marshall. Buku itu telah jatuh tempo sejak 16 Oktober 1972. 

“Saya sempat berpikir, ‘Suatu hari nanti saya akan kembalikan.’ Akhirnya bulan lalu saat saya melintasi perpustakaan itu, saya berkata, ‘Saya harus mengaku. Saya sudah pasrah,’” kata Carlson pada the Northwest Indiana Times seperti dikutip TrenAsia.com pada 11 Desember 2021.  

Henderson mengatakan bahwa pihak perpustakaan memutuskan untuk tidak memberikan denda atas keterlambatannya.

“Ia bertanya, ‘Berapa denda yang harus saya bayar?’ Saya jawab, ‘Tidak usah.’” Henderson mengaku ia sudah cukup lega buku itu sudah kembali dan atas keputusan Carlson untuk mengembalikan buku itu.

Carlson mengatakan bahwa buku itu sudah berkelana dengannya saat ia bertugas sebagai tentara A.S. Ia berharap orang-orang akan menyukai buku itu seperti dirinya yang menurutnya telah berulang kali menyelesaikan buku itu.