Ilustrasi kredit online atau pinjaman online (pinjol), peer to peer (P2P) lending resmi / OJK
Fintech

Terlilit Pinjol? Coba Terapkan Metode Bayar Utang Berikut Ini

  • Menjamurnya pinjol ilegal juga berimbas pada praktik gali lubang tutup lubang
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Tak bisa dimungkiri, maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal saat ini begitu meresahkan. Bukan hanya melanggar sejumlah aturan, tetapi menjamurnya pinjol ilegal juga berimbas pada praktik gali lubang tutup lubang. 

Praktik inilah yang kemudian membuat banyak orang terlilit utang di lebih dari satu pinjol. Sejatinya, sejak 2018, Satgas Waspada Investasi (SWI) telah memblokir ribuan pinjol ilegal

Akan tetapi, mati satu tumbuh seribu, pinjol ilegal ini masih terus berkeliaran dan semakin meresahkan. Kondisi ini makin memprihatinkan karena praktik gali lubang tutup lubang didasari pada kurangnya pengetahuan masyarakat terkait pengelolaan utang yang sehat.

Melansir dari laman resmi Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), praktik gali lubang tutup lubang sering kali terjadi lantaran si peminjam kurang dapat memperhitungkan kemampuan finansial. Pengambilan pinjaman seharusnya berbanding lurus dengan kemampuan bayar, sementara rasio utang sebaiknya tidak boleh lebih dari 30% penghasilan.

Dengan rasio yang seperti ini, pada umumnya, siapa pun akan dengan aman dan lancar mampu membayar cicilan, sekaligus masih dapat memenuhi kebutuhan yang lain.

Apabila sudah terlanjut terlilit utang, berikut sejumlah metode pembayaran dari AFPI yang bisa diterapkan:

Metode Debt Snowball

Dengan taktik ini, Anda menempatkan semua uang ekstra yang Anda bisa untuk membayar hutang terkecil Anda terlebih dahulu. Artinya Anda dapat menyusutkan utang yang menumpuk dari berbagai sumber dengan membayar mulai dari utang dengan jumlah terkecil hingga yang terbesar.

Dengan kata lain, metode ini meminta Anda untuk memprioritaskan utang yang terkecil.

Metode Longsoran Utang

Metode ini digunakan bagi mereka yang memprioritaskan keluar dari jerat utang dengan cepat dan efisien. Dengan strategi ini, Anda fokus melunasi utang dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu.

Mengapa dikatakan efisien? Karena metode ini fokus untuk melunasi utang berdasarkan suku bunga tertinggi. Dengan begitu, seiring Anda melunasi utang, jumlah bunga total yang harus dibayarkan juga akan lebih sedikit.

Melakukan Konsolidasi Utang

Menggabungkan banyak utang menjadi satu pembayaran dapat dilakukan dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Hal ini yang disebut konsolidasi utang, yang akan memungkinkan Anda dapat membuat utang lebih mudah dikelola dan lebih murah secara keseluruhan.

Semakin sedikit Anda harus membayar bunga, semakin banyak uang yang dapat Anda gunakan untuk melunasi yang lain. Konsolidasi utang dapat digunakan, namun Anda harus memiliki skor kredit yang baik agar memenuhi syaratnya. Silakan cek dengan pihak pemberi pinjaman, untuk mengonfirmasi syarat-syaratnya ya.

Take Over Kredit

Solusi ini dapat digunakan apabila utang Anda termasuk ke dalam utang jangka panjang, seperti membeli mobil, rumah atau lainnya.

Take over kredit artinya menjual kembali barang tersebut walaupun masih cicilan. Dengan begitu, Anda bisa terbebas dari utang dan berkesempatan untuk mendapat uang tambahan dari penjualan tersebut.