Segitiga Terumbu Karang (biorock-indonesia)
Dunia

Termasuk Indonesia, Inilah 9 Spot Diving Terbaik di Asia Tenggara

  • Dengan Segitiga Koral Indo-Pasifik di jantungnya, Asia Tenggara menawarkan beberapa scuba diving paling spektakuler di dunia.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Dengan Segitiga Koral Indo-Pasifik di jantungnya, Asia Tenggara menawarkan beberapa scuba diving paling spektakuler di dunia.

Sebagai konsekuensi dari perubahan pasang surut yang sangat besar dari Samudra Pasifik Utara dan arus yang deras serta gelombang besar di Samudra Hindia yang kuat, air yang kaya nutrisi telah menciptakan ekosistem yang luar biasa yang berkembang dengan lebih dari enam ribu spesies kehidupan.

Perairan yang hangat dan pemandangan yang indah akan memberi Anda beberapa kenangan terbaik sepanjang hidup scuba diving Anda.

Di sini, Anda akan terpesona oleh terumbu karang yang berwarna-warni dan ekosistem laut yang berkembang pesat dan Anda akan memiliki kesempatan untuk menjelajahi beberapa bangkai kapal yang terawetkan dengan cermat.

Pulau Sipadan, Malaysia

Dipuji sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia, dan tentunya salah satu tempat menyelam terbaik di Asia Tenggara, Pulau ini memiliki habitat laut yang kaya dan terumbu karang terbesar di kawasan ini.

Pulau Sipadan (res.cloudinary)

Terletak di lepas pantai Sabah, Borneo Malaysia, terumbu karang ini bertengger di atas gunung berapi bawah laut yang telah punah dan dikelilingi oleh ngarai sedalam hampir 1900 kaki. Situs ini memiliki visibilitas yang luar biasa, karang yang mempesona, dan kelimpahan kehidupan laut.

Ini adalah tempat di mana Anda dapat menyaksikan pusaran barakuda yang menghipnotis atau berenang di dalam kumpulan besar ikan jack yang berputar-putar.

Meskipun ini adalah lokasi penyelaman yang fantastis sepanjang tahun, bulan terbaik untuk menyelam adalah April hingga Desember.

Layang Layang, Malaysia

Pulau terpencil Malaysia di Laut China Selatan ini menawarkan petualangan menyelam yang tidak terganggu dan beberapa penyelaman terbaik di Asia Tenggara karena terkenal dengan hiu martil bergigi—di antara banyak spesies hiu yang berbeda—dan jika Anda beruntung, Anda mungkin bisa melihatnya.

Pari manta sering mengunjungi daerah perairan dalam ini—ada tembok curam yang terjal sekitar 2000m untuk dijelajahi—namun penyelaman di tepi pantai juga mungkin dilakukan.

Musim menyelam berlangsung sepanjang tahun, dengan peluang lebih tinggi untuk melihat hiu selama musim kawin di bulan April hingga Mei. Cocok untuk semua tingkat pengalaman.

Kepulauan Similan, Thailand

Tiga puluh mil di lepas pantai Thailand selatan, sebelas pulau di Taman Nasional Mu Ko Similan di Laut Andaman, menawarkan akses ke beberapa scuba diving terbaik di Asia Tenggara. Sebagian besar biota laut yang luas di kawasan ini dapat ditemukan di perairan sekitar Kepulauan Similan.

Antara bulan Desember dan April, hiu paus dan pari manta dapat terlihat, sedangkan hiu karang blacktip dan whitetip, hiu zebra, dan hiu macan tutul menjadi penghuni sepanjang tahun. Tambahkan ke beberapa jenis pari, barakuda, trevally raksasa, empat spesies penyu, dan banyak ikan karang dan makhluk hidup untuk beberapa penyelaman yang luar biasa.

Taman Nasional ini buka dari pertengahan Oktober hingga pertengahan Mei, dan musim menyelam berlangsung sesuai dengan itu.

Taman Laut Nasional Terumbu Tubbataha, Filipina

Terletak di Laut Sulu di tengah Coral Triangle dan ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1993, Taman Laut Alam Terumbu Tubbataha memiliki keanekaragaman biota laut yang sangat besar.

Anda dapat melihat paus, lumba-lumba, hiu, kura-kura, dan Napoleon wrasse—dan merupakan rumah bagi setidaknya 75% karang yang dikenal di dunia.

Area ini hanya dapat diakses melalui liveaboard dalam waktu singkat dari bulan Maret hingga Juni, menjadikannya salah satu tempat menyelam yang paling tidak ramai di Filipina dan oleh karena itu salah satu tempat terbaik untuk menyelam di Asia Tenggara.

Malapascua, Filipina

Ada satu kartu daya tarik utama Malapascua yang terus dikunjungi oleh para penyelam dari seluruh dunia yaitu Hiu perontok. Dengan sirip ekor panjang yang panjangnya sekitar setengah dari panjang total tubuh mereka, hiu perontok dianggap sebagai salah satu hiu paling menarik di planet ini.

Malapascua (res.cloudinary)

Hanya ada sedikit tempat di dunia di mana penyelam dapat melihatnya, tetapi jika Anda mengunjungi Malapascua, Anda akan dapat menemukannya. Mereka pemalu, sulit didekati dan tidak agresif.

Faktanya, tidak pernah ada laporan tentang manusia yang dibunuh oleh hiu perontok. Dan jika Anda tidak menyukai hiu, ada lebih banyak ikan di laut. Musim menyelam di sini berlangsung sepanjang tahun.

Pulau Atauro, Timor Leste

Timor Leste mungkin tidak ada dalam daftar keinginan banyak orang, tetapi itu harus ada dalam daftar Anda jika Anda seorang penyelam yang rajin. Permata menyelam di sini adalah Pulau Atauro, ditemukan tepat di utara Dili, Timor Leste, tepat di tengah Segitiga Karang.

Pulau ini terkenal dengan perairannya yang masih asli dan keanekaragaman hayati yang luar biasa, dengan lanskap bawah laut yang berbeda termasuk lereng yang landai dan penurunan yang dramatis. Pulau Atauro juga terletak di jalur migrasi paus.

Sehingga, Anda dapat melihat paus biru, paus sperma, dan lainnya saat mereka bermigrasi dari Laut Banda ke Samudra Hindia antara bulan September dan November setiap tahun. Musim menyelam adalah dari bulan April hingga November, dan penyelaman di sini cocok untuk semua tingkatan.

Raja Ampat, Indonesia

Terkenal karena keanekaragaman hayatinya, kepulauan yang menakjubkan di lepas provinsi Papua Barat di Indonesia ini menawarkan lanskap bawah laut yang luar biasa dengan dinding terumbu warna-warni yang tiada akhir. Di mana karang keras dan lunak bersaing memperebutkan ruang di antara makhluk laut besar dan kecil.

Cara terbaik untuk melihatnya adalah dengan bergabung dengan liveaboard dan berkeliling di berbagai lokasi penyelaman. Raja Ampat mencakup area yang sangat luas, dan menawarkan beberapa scuba diving terbaik di Asia Tenggara.

Pastikan untuk mengunjungi Selat Dampier, di mana Tanjung Kri memegang rekor dunia sebagai lokasi penyelaman paling kaya spesies.

Daftar ekstensif biota laut yang dapat dilihat di Raja Ampat termasuk spesies endemik seperti hiu wobbegong berumbai, belut kebun Papua, dan hiu tanda pangkat Raja Ampat, selain hiu karang, pari manta, batfish, sekolah besar tuna, mackerel, dan ikan karang yang tak terhitung jumlahnya.

Musim menyelam Raja Ampat berlangsung dari Oktober hingga Mei saat laut paling tenang. Sangat cocok untuk semua tingkatan meskipun beberapa situs tidak direkomendasikan untuk pemula atau mereka yang tidak nyaman dengan arus.

Taman Nasional Komodo, Indonesia

Jika Anda mencari tempat menyelam di Asia Tenggara yang mudah diakses, tidak perlu mencari yang lain selain Taman Nasional Komodo. Salah satu hal yang membuat tempat ini menjadi tujuan menyelam yang populer adalah aksesnya yang mudah dari Bali (dibandingkan dengan Raja Ampat).

Berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Flores di sisi utara dan Samudra Hindia di selatan, Taman Nasional Komodo adalah kawasan lindung laut dan Situs Warisan Dunia UNESCO yang menawarkan penyelaman kelas dunia dan terkenal dengan penyelaman hanyut yang mendebarkan.

Ada dua area penyelaman yang berbeda di Taman Nasional Komodo, utara dan selatan, dan meskipun secara geografis berdekatan satu sama lain, area ini seringkali sangat berbeda dalam hal kondisi.

Taman Nasional Komodo (res.cloudinary)

Taman Nasional Komodo juga merupakan rumah bagi Komodo endemik, kadal mirip dinosaurus terbesar dan terberat di dunia, dan salah satu dari sedikit yang memiliki gigitan berbisa.

Panjangnya bisa mencapai 10 kaki dan beratnya bisa lebih dari 300 pon. Taman Nasional Komodo adalah tujuan liveaboard yang sangat baik karena liveaboard dapat mencakup seluruh wilayah (utara dan selatan) dalam satu perjalanan. Namun, ada juga banyak resor dan operator selam yang tersedia di daerah tersebut.

Untuk akses terbaik ke semua situs di taman, kunjungi Komodo dari bulan April hingga November.

Pulau Weh, Indonesia

Terletak di ujung barat laut Sumatra, di awal Indonesia, pulau kecil Pulau Weh memiliki beberapa penyelaman terbaik di Asia Tenggara. Posisinya berarti bahwa pulau ini tidak terpengaruh oleh aliran sungai dan memiliki visibilitas yang sangat baik.

Pulau ini juga menerima arus yang kaya nutrisi, yang membawa kehidupan laut yang beragam. Lanskap di semua situs di sekitar Pulau Weh sangat indah dan beragam.

Visibilitas rata-rata berkisar dari 60 kaki hingga lebih dari 100 kaki, terutama saat menyelam ke dalam, dan Anda akan melihat berbagai kehidupan laut mulai dari yang sangat besar hingga keanekaragaman makhluk kecil yang tidak biasa.

Salah satu situs penyelaman paling populer adalah Central Rock, atau Batee Tokong, yang turun hingga sekitar 70 kaki dari permukaan, sebelum melandai hingga sekitar 130 kaki. Di sini, Anda kemungkinan akan bertemu dengan tuna, trevally, barracuda, kura-kura, Napoleon wrasse, dan banyak ikan karang.

Lereng ini ditutupi oleh kebun kipas Gorgonian besar, dan situs ini dikenal karena jumlah besar belut moray, yang mendiami hampir setiap celah dan lereng.

Musim kemarau, dan mungkin waktu penyelaman terbaik di Pulau Weh, adalah dari April hingga Oktober, tetapi resor menyelam di sini beroperasi sepanjang tahun, salah satunya yang sangat baik adalah Lumba Lumba.

Itulah tempat penyelaman terbaik di Asia Tenggara, yuk wujudkan impian Anda untuk menyelam di tempat tersebut!