Tekno

Ternyata Bangsa Maya Tetap Bertahan Hingga Saat Ini

  • Menurut penelitian yang tidak terhitung jumlahnya, peradaban Maya runtuh antara 800 dan 1000 M.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Suku Maya telah tinggal di Amerika Tengah dan Semenanjung Yucatán setidaknya sejak 1800 SM. dan berkembang di wilayah tersebut selama ribuan tahun. Menurut penelitian yang tidak terhitung jumlahnya, peradaban Maya runtuh antara 800 dan 1000 M. 

Sebagai permulaan, Maya masih ada hari ini. "Itu adalah sistem politik Maya yang runtuh, bukan masyarakat [mereka]," kata Lisa Lucero, profesor antropologi dan studi abad pertengahan di University of Illinois di Urbana-Champaign kepada Live Science Minggu 12 September 2021. "Lebih dari 7 juta orang Maya yang hidup hari ini di Amerika Tengah dan sekitarnya membuktikan fakta ini."

Jika selama ini ada istilah peradaban Maya itu telah runtuh, sebenarnya itu secara politik dan bagaimana hal itu terjadi juga sangat panjang dan tidak dalam satu waktu.

Maya kuno tidak memiliki satu pemimpin pusat, seperti seorang kaisar di Roma kuno, dan tidak bersatu menjadi satu negara. Sebaliknya, peradaban Maya kuno terdiri dari banyak negara kecil yang masing-masing berpusat di sekitar kota. 

Meski negara-negara kota ini memiliki kesamaan dalam budaya dan agama, mereka masing-masing memiliki pemimpin lokal mereka sendiri. Beberapa lebih kuat daripada yang lain. Tidak ada keruntuhan tunggal untuk pemerintahan ini. Sebaliknya, sejumlah kota Maya naik dan turun pada waktu yang berbeda, beberapa dalam periode waktu 800 hingga 1000 itu, dan beberapa setelahnya. 

Misalnya,  ketika daerah di Mesoamerika selatan, seperti Tikal di tempat yang sekarang menjadi Guatemala menurun pada abad kedelapan dan kesembilan karena masalah lingkungan dan gejolak politik, populasi meningkat di daerah lain, seperti Chichén Itzá, di tempat yang sekarang disebut Meksiko. Semenanjung Yucatán.

"Runtuhnya bukan istilah yang harus diterapkan secara universal untuk 'the' Maya, yang juga tidak boleh disebut sebagai istilah tunggal," kata Marilyn Masson, seorang profesor dan ketua antropologi di University at Albany, State University of New York  kepada Live Science dalam sebuah email. 

"Wilayah Maya luas, dengan banyak pemerintahan dan lingkungan, dan banyak bahasa digunakan dalam keluarga Maya."

Ketika Chichén Itzá menurun, sebagian besar karena kekeringan panjang selama abad ke-11, kota Semenanjung Yucatán lainnya, yang disebut Mayapán, mulai berkembang. "Mayapan memiliki penguasa, pendeta, ratusan buku hieroglif agama, astronomi yang kompleks, dan jajaran dewa," kata Masson. "Banyak dari apa yang kita ketahui tentang agama Maya sebelumnya berasal dari buku-buku yang ditulis pada zaman Mayapan dan dari populasi keturunan yang bertemu dan selamat dari kontak Eropa."

Negara-negara Maya terus ada bahkan setelah wilayah itu dirusak oleh perang dan penyakit yang dibawa oleh penaklukan Eropa di Amerika Tengah. “Kita harus selalu ingat, negara bagian Maya terakhir, Nojpetén, jatuh baru pada tahun 1697 — itu belum lama,” kata Guy Middleton, seorang peneliti tamu di School of History, Classics and Archaeology di Newcastle University di Inggris.

Mengapa Mereka Jatuh?

Campuran masalah politik dan lingkungan biasanya disalahkan atas kemunduran kota-kota Maya. Analisis speleothems, atau struktur batuan di gua-gua seperti stalaktit dan stalagmit, menunjukkan bahwa "beberapa kekeringan parah - multi-tahun - melanda antara [AD] 800 dan 930" di wilayah Mesoamerika selatan, kata Lucero. 

"Dan karena raja Maya yang paling berkuasa mengandalkan waduk perkotaan untuk menarik petani selama musim kemarau tahunan untuk akses ke air minum bersih, penurunan curah hujan berarti tingkat air turun, panen gagal dan raja kehilangan sumber daya mereka." Terlebih lagi, "menurunnya curah hujan memperburuk masalah yang dialami raja-raja," katanya.

Fakta penguasa Maya sering menghubungkan kekuatan mereka sendiri dengan dewa yang menciptakan lebih banyak masalah politik. 

“Masalah yang dialami suku Maya akibat kekeringan menyebabkan orang kehilangan kepercayaan pada penguasa mereka, yang lebih dari sekadar kehilangan kepercayaan pada pemerintah ketika penguasa Anda terikat erat dengan dewa," kata Justine Shaw, profesor antropologi di College of the Redwoods. di California. 

Kekeringan dikombinasikan dengan gejolak politik juga akan mengganggu pertanian, pemeliharaan sistem penyimpanan air dan mengakibatkan penguasa Maya membuang-buang sumber daya untuk berperang, kata Shaw.

Lucero mencatat bahwa beberapa daerah Maya mengalami deforestasi, dan tingkat air yang lebih rendah mempersulit perdagangan. "Curah hujan yang lebih sedikit kemungkinan berdampak pada perdagangan kano karena ketinggian air terlihat turun setiap musim kemarau - jadi lebih sedikit hujan berarti lebih sedikit perjalanan kano," kata Lucero.

Namun, "runtuhnya" di satu area bisa menjadi waktu "booming" di area lain. Wilayah Cochuah di Semenanjung Yucatán berkembang pesat selama Terminal Klasik [800 hingga 930] setelah sebagian besar wilayah selatan tidak berpenghuni karena kekeringan dan konflik politik. 

"Tetapi daerah itu juga akhirnya kehilangan banyak penghuninya," kata Shaw. Alasan mengapa Cochuah meledak dan runtuh saat ini sedang diselidiki.

Pola penurunan di satu daerah dan pertumbuhan di daerah lain berlanjut selama masa konflik Eropa dengan kota-kota Maya. Masalah politik dan lingkungan seringkali menyebabkan penurunan di satu daerah, sementara daerah lain tumbuh mungkin karena mereka tidak terlalu menderita dari masalah ini.

Setelah negara Maya terakhir ditaklukkan oleh Spanyol pada tahun 1697, orang-orang Maya mengalami diskriminasi dan kadang-kadang memberontak terhadap Spanyol dan pemerintah yang berkuasa setelah kekuasaan kolonial Spanyol berakhir pada tahun 1821. 

“Pemberontakan secara berkala tidak berhail dan mereka masih kekurangan perwakilan politik yang memadai di negara tempat mereka tinggal," kata Middleton kepada Live Science.

"Sangat penting untuk menyampaikan pesan di luar sana bahwa meskipun kota-kota dan negara-negara Maya klasik benar-benar runtuh, dan budaya memang berubah, Maya sama sekali tidak menghilang," kata Middleton, seraya menambahkan bahwa "sekarang kita harus memperhatikan ceritanya, negara bagian. dan status populasi keturunan Maya di Mesoamerika."