Awas Terjebak Penipuan! Begini Cara Mendeteksi Akun Instagram Palsu
Tekno

Ternyata Begini Cara Mengetahui Seseorang yang Blokir Anda di Instagram

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah ada seseorang yang memblokir akun Instagram Anda.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Instagram adalah media sosial yang saat ini masih ramai digunakan oleh banyak orang sebagai media untuk berbagi. Instagram juga memiliki berbagai fitur dan opsi yang membuat penggunanya semakin nyaman, seperti fitur keamanan dengan memblokir pengguna yang tidak disukai.

Jika baru-baru ini Anda menyadari bahwa Anda tidak dapat lagi melihat postingan seseorang di feed Instagram Anda, mungkin saja mereka sudah lama tidak memposting apapun, atau bahkan mereka mungkin telah memblokir Anda.

Meski begitu, Instagram sebetulnya tidak memberi tahu Anda ketika Anda diblokir pengguna tertentu. Selain itu, tidak ada daftar lengkap tentang orang yang sudah memblokir Anda.

Akan tetapi, jika Anda curiga bahwa Anda telah diblokir seseorang di Instagram, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah Anda sudah diblokir.

Cara Mengetahui Anda Sudah Diblokir Seseorang di Instagram

Cara mengetahui Anda sudah diblokir seseorang di Instagram

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui siapa yang memblokir Anda.

1. Cari Akun yang Mungkin Telah Memblokir Anda

Mulailah dengan mencari di aplikasi Instagram akun yang menurut Anda telah memblokir Anda. Jika Akun tersebut disetting private dan Anda tidak dapat menemukannya, Anda mungkin telah diblokir.

Jika akun tersebut bersifat publik dan saat mengunjungi halaman mereka Anda tidak dapat melihat foto profil, jumlah postingan, jumlah pengikut dan area feeds bertuliskan ‘No Post Yet’ itu artinya Anda telah diblokir.

Anda juga bisa langsung melakukan pencarian ini di browser. Ketik tautan Instagram di bilah untuk mengisi alamat website, yaitu Instagram.com/username (ganti kata ‘username’ dengan akun Instagram yang Anda cari).

Jika Anda melihat halaman yang bertuliskan ‘Sorry, this page isn’t available’, maka akun Instagram tersebut bisa jadi telah menghapus akunnya atau kemungkinan besar Anda telah diblokir.

2. Lihat Postingan Anda Sendiri

Jika orang yang Anda cari tersebut pernah mengomentari salah satu postingan Anda, ketuk username-nya untuk membuka profilnya. Jika langkah ini membawa Anda ke profil mereka, tapi Anda tidak dapat melihat detailnya atau jika Anda hanya melihat halaman yang bertuliskan ‘Sorry, this page isn’t available’, kemungkinan besar Anda juga sudah diblokir.

3. Periksa DM dengan Orang Tersebut

Sama seperti komentar, jika Anda telah diblokir oleh orang lain, Instagram tidak akan menghapus pesan apapun yang telah Anda kirimkan. Anda bisa memeriksa direct message, lalu ketuk opsi View Profile untuk membuka halaman profil mereka.

Jika halaman mereka tidak memiliki postingan dan melihat pesan singkat yang mengatakan User not found, itu mungkin berarti Anda telah diblokir atau bisa jadi pengguna tersebut telah menghapus akunnya.

4. Gunakan Akun Lain untuk Mencarinya

Metode terakhir untuk mencoba mengetahui apakah seseorang yang Anda cari memblokir Anda adalah dengan menggunakan akun lain untuk mencarinya. Anda bisa membuat akun baru atau gunakan akun orang lain untuk menemukan akun tersebut.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah ada seseorang yang memblokir akun Instagram Anda.