<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsiaIsmail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Ternyata Ini 5 Pelajaran Penting Tentang Karier yang Sering Terlambat Disadari Banyak Orang

  • Inilah beberapa pelajaran penting tentang karier yang sering terlambat disadari oleh banyak orang.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bekerja adalah salah satu hal yang perlu dilakukan untuk memperoleh uang agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun ternyata hidup tidak hanya berpusat pada uang, bekerja, dan karier saja.

Bahkan banyak orang yang terlambat menyadari pelajaran penting tentang karier. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut ini untuk memaksimalkan hidup sambil bekerja keras.

5 Pelajaran Penting Tentang Karier yang Sering Terlambat Disadari Banyak Orang

5 Pelajaran Penting Tentang Karier yang Sering Terlambat Disadari Banyak Orang

1. Belajar mengatakan tidak

Ketika Anda sedang bekerja atau memulai tantangan karier baru, mungkin mudah bagi Anda menerima terlalu banyak pekerjaan ekstra untuk mencoba mengesankan atasan. Meski hal ini bisa bersifat positif pada awalnya, jika dibiarkan akan membuat Anda mengambil terlalu banyak pekerjaan. Kondisi ini juga akan membuat tingkat stres jadi meningkat.

2. Jangan hanya bekerja untuk uang

Uang memang penting, tapi hal itu seharusnya tidak menjadi pendorong utama bagi semua hal dalam hidup Anda. Jika Anda bertahan pada suatu pekerjaan hanya demi uang dan tidak ada hal lainnya, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan mengambil kesempatan lain. 

Meski penting, uang bukan segalanya. Segera temukan pekerjaan yang Anda sukai dan sebagai hasilnya Anda mungkin akan jadi merasa lebih bahagia dan sehat.

3. Jangan berhenti belajar

Anda akan selalu bertemu orang-orang yang memiliki lebih banyak pengalaman daripada Anda sepanjang karier Anda. Akan tetapi, hal ini tentunya tidak perlu membuat Anda khawatir. Belajar dari orang yang lebih berpengalaman akan membantu Anda tumbuh. 

4. Tetap produktif di luar pekerjaan

Ketika Anda merasa sedih atau lelah karena pekerjaan, mungkin akan sulit untuk memotivasi diri sendiri di luar jam kerja. Oleh karena itu, Anda bisa memotivasi diri dengan menghadiri kelas olahraga atau bertemu dengan teman untuk minum kopi setelah bekerja.

5. Pertahankan work-life balance yang sehat

Pekerjaan dapat membuat stres dan mungkin ada saatnya Anda merasa seolah-olah Anda harus lembur untuk menyelesaikan tugas atau memenuhi deadline yang ditetapkan. Meski begitu, jangan biarkan hidup berlalu begitu saja. Anda perlu waktu untuk istirahat sejenak dari rutinitas harian Anda.

Itu tadi beberapa pelajaran penting tentang karier yang sering terlambat disadari oleh banyak orang.