Ternyata Ini Alasan di Balik Logo McDonald's Berwarna Kuning dan Merah
Gaya Hidup

Ternyata Ini Alasan di Balik Logo McDonald's Berwarna Kuning dan Merah

  • Ternyata inilah alasan di balik warna kuning dan merah pada logo McDonald's
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Logo makanan cepat saji McDonald's tampaknya telah sedikit berubah selama bertahun-tahun sebelum menjadi seperti sekarang. Tidak lama setelah restoran pertama dibuka, arsitek bernama Stanley Clark Meston dipekerjakan untuk memperbarui kondisi gedung.

Dia selanjutnya menggabungkan dua lengkungan emas atau kuning besar di kedua sisi bangunan yang menembus atap dan ke langit. Namun, saat Ray Kroc mengambil alih bisnis ini pada tahun 1961, dia membuat logo yang menggabungkan dua lengkungan emas untuk membentuk huruf 'M' untuk McDonald's.

Seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest, warna merah dan kuning pada logo McDonald's dipilih untuk alasan tertentu dan tidak ada hubungannya dengan maskot McDonald's yaitu badut Ronald McDonald. Alasan warna logo ini sebenarnya ada hubungannya dengan sains.

Warna merah pada logo McDonald's dapat merangsang dan membuat tubuh menjadi aktif. Sedangkan warna kuning membuat detak jantung serta membantu meningkatkan nafsu makan Anda. Selain itu, warna kuning diasosiasikan dengan kebahagiaan dan merupakan warna yang paling terlihat di siang hari, jadi itulah mengapa logo McDonald's sangat mudah dikenali di jalan yang ramai.

Otak dapat memproses warna lebih cepat sebelum memproses kata atau bentuk. Jadi itulah alasan mengapa makanan cepat saji memilih dua warna ini untuk logo dan merek mereka. Merah dan kuning membuat Anda lapar, dan mendorong Anda untuk mau membeli produk yang mereka jual, sekaligus juga membuat Anda merasa senang.

McDonald's telah mulai menggunakan filosofi warna ini untuk mempengaruhi dan mengubah cara orang berpikir tentang merek mereka saat ini juga. Banyak waralaba di Eropa juga telah mulai memasukkan lebih banyak warna hijau ke dalam etalase dan desain interior mereka karena dikaitkan dengan alam dan ramah lingkungan, sesuatu yang telah dikritik McDonald's karena tidak ada di masa lalu. 

Namun, meski McDonald's sudah ikut berperan aktif menjaga lingkungan, tampaknya mereka tetap menggunakan warna kuning dan merah tanpa harus memasukkan warna hijau pada logo maupun desain interiornya. 

McDonald's diketahui telah berkontribusi untuk menjaga lingkungan dengan menggunakan pendingin ramah lingkungan dan mengubah minyak bekas menjadi bahan bakar biodiesel.