Ilustrasi orang tua
Rumah & Keluarga

Ternyata Ini Keuntungan dan Kerugian Finansial Masih Tinggal Bersama Orang Tua

  • Simak penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian finansial dari tinggal bersama orang tua Anda.
Rumah & Keluarga
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Tinggal bersama orang tua bukanlah hal baru. Apalagi jika Anda masih belum memiliki keluarga baru atau menjalin hubungan jarak jauh dengan pasangan.

Sebetulnya, tidak semua situasi kehidupan orang tua dan anak sama, jadi keuntungan yang Anda peroleh mungkin juga akan berbeda. Misalnya, beberapa orang tua ada yang sudah membebankan biaya mengurus rumah kepada anak-anak yang sudah dewasa, dan sebagainya.

Namun, terlepas dari situasi anda, tinggal bersama orang tua ternyata memiliki potensi keuangan yang lebih menguntungkan. Berikut beberapa keuntungan finansial yang dapat Anda peroleh saat tinggal bersama orang tua.

Keuntungan Finansial Ketika Masih Tinggal Bersama Orang Tua

Keuntungan finansial ketika masih tinggal bersama orang tua

Berikut beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan selagi bisa tinggal bersama orang tua.

Menghemat Biaya Sewa Rumah atau Kamar

Manfaat finansial yang paling nyata dari tinggal bersama orang tua adalah menghemat biaya sewa dan tagihan. Hal ini karena pada umumnya biaya sewa menghabiskan sebagian besar anggaran banyak orang, jadi tinggal bersama orang tua akan menjadi langkah penghematan yang besar, bahkan jika orang tua Anda masih mengenakan biaya yang sedikit. Anda bisa menggunakan uang yang Anda keluarkan biasanya untuk membayar biaya sewa untuk membayar tagihan atau melunasi utang.

Anda Bisa Membeli Barang dalam Jumlah Besar

Membeli barang dalam jumlah besar bisa menjadi teknik menghemat uang untuk bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Membeli barang dalam jumlah besar ternyata juga lebih untung bagi rumah dengan jumlah penghuni yang banyak karena akan digunakan banyak orang, lebih lama habisnya, dan harganya jadi jauh lebih hemat.

Anda Memiliki Waktu untuk Meneliti Pilihan Anda

Keuntungan finansial lainnya dari tinggal bersama orang tua adalah hal itu memberikan Anda waktu tambahan. Anda tidak akan buru-buru mencari dan memikirkan sewa rumah atau kamar kos. Bahkan, Anda dapat mengatur kapan harus menabung atau memutuskan pilihan rumah yang Anda pilih untuk disewa atau dibeli.

Kerugian Masih Tinggal Bersama Orang Tua

Meski tinggal bersama orang tua memiliki banyak keuntungan finansial, ternyata ada hal yang harus dibayar demi memperoleh keuntungan tersebut, seperti berikut ini.

Orang Tua Dapat Memberikan Nasihat yang Tidak Diinginkan Tentang Hidup Anda

Baik Anda tinggal bersama ibu, ayah, atau keduanya kemungkinan besar Anda akan menerima segala macam nasihat meski Anda tidak memintanya. Mulai dari makanan Anda, waktu tidur, hingga kebiasaan main video game.

Anda Tidak Memiliki Privasi atau Ruang Pribadi

Tinggal bersama orang tua akan menghilangkan ruang dan privasi Anda. Hal itu ternyata bisa menjadi beban psikologis apalagi jika Anda terbiasa tinggal sendiri.

Anda juga tidak lagi memiliki kebebasan untuk bangun dari tempat tidur dan pergi ke dapur dengan mengenakan pakaian seadanya. Anda bahkan tidak bisa mengharapkan orang tua Anda untuk tidak memasuki kamar Anda karena sebetulnya kamar tersebut milik mereka.

Anda Menyerahkan Kemandirian Finansial Anda

Hidup sendiri sebetulnya dapat memberi Anda beberapa pelajaran berharga, terutama dalam hal pengambilan keputusan finansial dan hal itu dapat membuat Anda sangat bahagia dan puas.

Hal ini mungkin tampak seperti kerugian kecil apabila dibandingkan dengan pengehmatan yang sebenarnya karena tidak membayar uang sewa rumah. Akan tetapi, hal ini justru dapat menimbulkan kegagalan untuk mengembangkan kemandirian finansial yang nantinya dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Tinggal bersama orang tua secara tidak sengaja dapat menciptakan zona nyaman yang akhirnya dapat menghambat perkembangan kemandirian finansial Anda.

Itu tadi penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian finansial dari tinggal bersama orang tua Anda. Apakah Anda masih berminat?