Sejumlah penumpang mulai memadati Stasiun Gambir menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Ternyata Ini Manfaat di Balik Adanya Tradisi Mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri

  • Inilah beberapa manfaat yang didapat di balik tradisi mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bulan Ramadan tidak hanya identik dengan ibadah puasa, tapi juga tradisi mudik Lebaran. Tidak mengherankan jika Lebaran dan mudik adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan dan menjadi momen yang sangat ditunggu oleh semua orang.

Momen menjelang perayaang Idul Fitri pada umumnya menjadi waktu yang ramai dan spesial bagi banyak orang. Masyarakat mulai berbelanja berbagai barang kebutuhan, mulai dari makanan, parsel, hampers, rendang, sirup, biskuit, dan sebagainya. Tidak hanya itu, banyak juga yang membeli keperluan Ramadan seperti baju atau alat ibadah baru.

Mudik dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri adalah waktu yang ditunggu banyak orang karena bisa berkumpul kembali dan bersilaturahmi dengan keluarga dan saudara. Tidak hanya itu, banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk berziarah.

Ternyata, tidak hanya menyambung silaturahmi antara keluarga atau saudara, mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti berikut ini,

Manfaat di Balik Tradisi Mudik Lebaran

Manfaat di Balik Tradisi Mudik Lebaran

Seperti yang dilansir dari laman Panduan Mudik 2023 dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, berikut beberapa manfaat di balik adanya tradisi mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri.

Fenomena tradisi mudik dapat menimbulkan peluang untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi, khususnya di lingkup regional. Manfaat ekonomi yang di maksud yaitu sebagai berikut.

1. Memacu pertumbuhan sektor riil

Pertumbuhan yang dimaksud meliputi mayoritas aktivitas ekonomi masyarakat, seperti makanan, minuman, pusat oleh-oleh, dan kerajinan.

2. Mempercepat redistribusi ekonomi dari kota besar ke daerah

Cash flow yang berlangsung selama mudik akan memiliki multiplier effect untuk menstimulasi aktivitas produktif masyarakat yang ditandai dengan tumbuhnya pusat ekonomi baru di daerah, seperti penjualan oleh-oleh di rest area, lokasi wisata, serta sektor riil dan jasa lainnya.

3. Memberi manfaat ekonomi di pedesaan

Tradisi mudik akan menggerakkan semua sektor ekonomi di bidang peternakan, usaha kecil, industri rumahan, perikanan, dan bidang perdagangan.

Itu tadi beberapa manfaat yang didapat di balik tradisi mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023.