Jangan Terjebak! Kenali 5 Ciri-ciri Bos Toksik di Perusahaan Anda
Gaya Hidup

Ternyata Inilah 5 Hal Pertama yang Diperhatikan Perekrut Saat Anda Wawancara Kerja

  • Inilah beberapa hal tentang Anda yang sangat diperhatikan oleh perekrut ketika wawancara kerja.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Sebelum Anda mendapatkan pekerjaan, pada umumnya Anda perlu melakukan berbagai tes tersebut salah satunya tes wawancara. Terlepas dari bagaimana pasar kerja berubah atau tidak, satu hal yang pasti adalah wawancara adalah tentang membuat kesan pertama yang baik.

Oleh karena itu, Anda harus cermat mengenai 5 hal berikut karena sangat diperhatikan oleh perekrut ketika wawancara kerja.

5 Hal Pertama yang Diperhatikan Perekrut Tentang Anda Saat Wawancara Kerja

5 Hal Pertama yang Diperhatikan Perekrut Tentang Anda Saat Wawancara Kerja

1. Ketepatan waktu

Jika wawancara dilakukan melalui telepon, video, atau secara langsung, datang tepat waktu tidak dapat dinegosiasikan. Jika wawancara dilakukan secara langsung, datanglah sekitar 10 menit lebih awal dan berikan waktu yang cukup untuk Anda mempersiapkan diri. Jika wawancara dilakukan melalui telepon atau video call, Anda juga tetap harus berhati-hati dalam mengatur waktu.

2. Detail saat video call

Perlu diingat bahwa terlepas dari semua kemajuan teknologi, ternyata lebih sulit untuk terhubung melalui video daripada tatap muka. Hal itu berarti Anda harus berusaha ekstra dan memperhatikan detail untuk membuat kesan yang baik. Selain itu, pastikan untuk mendapat pencahayaan yang baik agar wajah dan ekspresi Anda terlihat jelas di kamera.

3. Lingkungan sekitar Anda

Jika Anda melakukan wawancara melalui video call, ingatlah bahwa latar belakang Anda sangat penting. Jika ‘kantor’ di rumah Anda adalah kamar tidur Anda, maka segera rapikan dan jangan sampai ada keranjang cucian atau lemari terbuka yang ada di belakang Anda.

4. Tetap fokus

Berusahalah untuk tetap fokus ketika melakukan wawancara. Tentu saja Anda sebaiknya tidak minum atau makan apapun ketika proses wawancara masih berlangsung. Oleh karena itu, pastikan sebelum wawancara Anda sudah makan dan minum secara cukup.

5. Telah melakukan penelitian terhadap pekerjaan

Perekrut biasanya langsung mengetahui seberapa siap seorang kandidat untuk wawancara serta seberapa terlibat mereka dalam proses tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan dan deskripsi pekerjaan yang sudah Anda lamar.

Itu tadi beberapa hal tentang Anda yang sangat diperhatikan oleh perekrut ketika wawancara kerja.