Tekno

Ternyata Semut Punya Medsos, Yakni Saling Muntah ke Mulut Satu Sama Lain

  • Semut memiliki jejaring sosial seperti halnya manusia, tetapi alih-alih bertukar informasi melalui posting dan komentar, mereka memuntahkan cairan ke mulut satu sama lain.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Semut memiliki jejaring sosial seperti halnya manusia, tetapi alih-alih bertukar informasi melalui posting dan komentar, mereka memuntahkan cairan ke mulut satu sama lain.

Adria LeBoeuf, asisten profesor dan pemimpin Laboratorium Cairan Sosial di Universitas Fribourg di Swiss mengatakan sebagian besar serangga memiliki usus depan, usus tengah, dan usus belakang. "Namun, untuk serangga sosial, usus depan telah menjadi semacam 'perut sosial,'" kata LeBoeuf, penulis utama studi baru yang menjelaskan temuan tersebut. Temuan ini dipublikasikan 2 November di jurnal eLife.

Dia menambahkan Isi usus tengah dan usus belakang dicerna, sedangkan isi usus depan dimaksudkan untuk dibagikan, 

Trophallaxis, atau tindakan memuntahkan makanan ke dalam mulut organisme lain, sangat umum pada spesies yang sangat sosial seperti semut. Selama peristiwa trofalaksis, nutrisi dan protein diteruskan dari perut sosial satu individu ke perut lainnya, dan melalui serangkaian pertukaran ini, semut menciptakan "sistem peredaran darah sosial" yang menghubungkan setiap anggota koloni.

Semut kayu (Camponotus) terus-menerus memberikan nutrisi ini satu sama lain dengan cara ini. “Jika Anda melihat satu koloni, dalam satu menit Anda mungkin melihat 20 peristiwa trofalaksis," kata LeBoeuf kepada Live Science. Satu koloni semut mungkin menampung setidaknya ribuan semut.

"Sekitar lima tahun lalu, kami menerbitkan sebuah makalah yang mengkarakterisasi fakta bahwa ketika semut melakukan trophallaxis, mereka tidak hanya membagi makanan eksternal," kata LeBoeuf, mengacu pada laporan tahun 2016 di jurnal eLife. "Mereka membagikan hormon, isyarat pengenalan teman sesarang, RNA kecil, dan segala macam hal lainnya."

Jadi, dengan memuntahkan mulut satu sama lain, semut tidak hanya bertukar nutrisi, tulis para penulis penelitian. Sebaliknya, semut menciptakan jaringan sosial pencernaan di mana energi dan informasi beredar terus-menerus di seluruh koloni untuk dikumpulkan oleh individu yang membutuhkan sumber daya ini. Ini seperti bagaimana otak Anda dapat mengeluarkan hormon dan menyebarkannya ke sistem peredaran darah Anda dan pada akhirnya akan mencapai hati Anda.

Lebouf menganggap koloni semut bukan sebagai kumpulan semut individu, tetapi sebagai "superorganisme kolonial", di mana koloni pada dasarnya berfungsi seolah-olah itu adalah tubuh. 

Sama seperti bagaimana tubuh memiliki jaringan dan organ yang melakukan pekerjaan untuk mendukung tujuan bersama, kelompok semut dengan pekerjaan yang berbeda dapat dianggap sebagai jaringan dan organ superorganisme. 

Para pencari makan mengumpulkan makanan, perawat merawat anak-anak, para pekerja menggali terowongan, dan sebagainya. Organ menggunakan sistem peredaran darah untuk mengedarkan lebih banyak daripada makanan, jadi mungkinkah sistem peredaran darah sosial juga melakukannya?

"Untuk membantu kami memahami mengapa semut berbagi cairan ini, kami mengeksplorasi apakah protein yang mereka tukar terkait dengan peran individu dalam koloni atau siklus hidup koloni," kata penulis utama Sanja Hakala, seorang peneliti pascadoktoral di University of Fribourg dalam  sebuah pernyataan.

Untuk eksperimen terbaru mereka, LeBoeuf dan Hakala menganalisis isi perut sosial semut tukang kayu di koloni liar dan koloni yang dibesarkan di laboratorium. Di seluruh sampel, mereka mengidentifikasi 519 protein yang diedarkan di sekitar koloni semut. Sebanyak  27 dari protein tersebut ditemukan di semua sampel mereka, terlepas dari usia koloni, lokasi koloni, atau status individu semut.

“Para pekerja tampaknya mencari makan, membangun makanan itu menjadi protein spesifik dan kemudian menyebarkan protein itu ke sekitarnya,” kata LeBoeuf. 

Saat koloni matang, lebih banyak protein penyimpan nutrisi  memasuki sirkulasi, sehingga koloni yang lebih tua memiliki lebih banyak protein daripada koloni yang lebih muda.

"Seringkali, semut dewasa di koloni semut bahkan tidak perlu makan," kata LeBoeuf. "Sebaliknya, mereka secara perlahan memecah protein penyimpan nutrisi ini."

Banyak semut dewasa di koloni tidak perlu makan karena ada semut yang makan atas nama koloni. "Temuan ini menunjukkan bahwa beberapa anggota koloni dapat melakukan kerja metabolisme untuk kepentingan semut lain," kata Hakala dalam sebuah pernyataan.

Dengan menganalisis protein apa yang ditemukan di mana, LeBoeuf dan rekan dapat membedakan antara koloni muda dan dewasa, serta membedakan koloni liar dan yang dibesarkan di laboratorium. Yang terakhir yang memiliki keragaman protein yang jauh lebih rendah di perut sosial mereka daripada yang liar.

Peran individu semut dalam koloni juga dapat ditentukan oleh isi perut sosialnya. Apa yang disebut semut perawat yang merawat anak semut cenderung memiliki jumlah protein anti-penuaan yang lebih tinggi daripada anggota koloni lainnya. Ini untuk memastikan bahwa mereka bertahan hidup untuk merawat generasi mendatang.