BLACKPINK perpanjang kontrak saham YG Entertainment rebound.
Bursa Saham

Tersengat BLACKPINK, Saham YG Entertainment Rebound

  • Saham YG Entertainment mulai rebound ke harga terbaik usai keempat member BLACKPINK menyetujui perpanjangan kontrak.
Bursa Saham
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Saham YG Entertainment mulai rebound ke harga terbaik usai keempat member BLACKPINK menyetujui perpanjangan kontrak untuk kegiatan girl grup. Bos agensi kpop ini Yang Hyun Suk mendukung penuh keputusan Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa. 

Terpantau, pada perdagangan saham independen Korea Selatan (KOSDAQ) Rabu, 06 Desember 2023, pukul 09.55 WIB, saham YG Entertainment telah menyentuh level 60.000 won setara Rp708 ribu per saham. (Asumsi kurs, Rp11,82 per satu won) 

Alhasil, saham YG Entertainment telah menguat 25% dari harga pembukaannya yang dipatok pada harga 48.000 won atau setara Rp567 ribu per saham. Di samping itu volume perdagangan emiten BLACKPINK ini mencapai 4.14 juta dengan kapitalisasi pasar senilai Rp1,09 triliun. 

Asal tahu saja, sepanjang tahun ini, sepanjang tahun ini, harga saham YG Entertainment mencapai puncaknya pada Mei 2023, dengan mencatat angka tertinggi sebesar 95.200 won atau sekitar Rp1,12 juta per saham. 

Keberhasilan mencolok itu terwujud saat BLACKPINK masih aktif melangsungkan tur dunia BORN PINK yang melibatkan 66 konser di Amerika Serikat, Meksiko, Australia, serta beberapa negara di Eropa dan Asia.

Menurut laporan Kang Sung Hoon, seorang wartawan dari media Korea, penjualan tiket BLACKPINK berhasil mencapai 350 miliar won atau sekitar Rp4 triliun selama seluruh tur dunia itu.

Sementara dari sisi pendapatan, BORN PINK dilaporkan meraup US$163,8 juta atau sekitar 2,5 triliun. Hal tersebut enjadikannya sebagai tur dengan pendapatan kotor tertinggi di antara artis wanita yang memulai debutnya pada dekade 2010-an.

Comeback 2024

Melansir Koreaboo, Pihak YG Entertainment mengumumkan bahwa keempat anggota BLACKPINK secara resmi memperbarui kontrak mereka, walaupun perlu diingat bahwa kontrak tersebut hanya mencakup aktivitas sebagai grup. “Kami masih berdiskusi mengenai kontrak individu,” jelas manajemen. 

Sontak pemberitahuan tersebut disambut dengan antusiasme tinggi oleh BLINK (penggemar BLACKPINK). Hal ini juga tercermin dari kenaikan signifikan harga saham YG Entertainment usai merosot secara tajam sejak akhir Agustus 2023 akibat desas-desus ketidaksepakatan para member soal nilai kontrak. 

"Setelah berdiskusi secara hati-hati dengan BLACKPINK, kami telah menandatangani kontrak eksklusif baru untuk aktivitas grup, berdasarkan kepercayaan kuat yang dimiliki dengan satu sama lain," ujar manajemen. 

YG Entertainment juga berkomitmen kepada seluruh penggemar BLINK di seluruh dunia bahwa BLACKPINK akan lebih aktif dalam menjalani peran mereka sebagai idola K-pop yang mendunia. Sekarang, para BLINK dapat berharap untuk melihat album baru dan tur dunia lebih banyak dari BLACKPINK.

Sementara itu, bos YG Entertainment Yang Hyun Suk menyambut gembira dan akan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap keputusan yang diambil oleh Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rose. 

"Saya sangat gembira bisa melanjutkan kemitraan saya dengan BLACKPINK. Ke depannya, BLACKPINK akan berupaya sebaik mungkin untuk bersinar lebih cerah di panggung musik global dan sebagai artis K-pop. Saya akan memberikan dukungan penuh dan percaya sepenuhnya pada langkah-langkah yang mereka ambil," jelasnya.