Tertarik Berkarier Jadi Digital Marketing? Ini Keterampilan yang Harus Anda Kuasai
Gaya Hidup

Tertarik Berkarier di Digital Marketing? Kuasai 5 Keterampilan Ini

  • Inilah beberapa keterampilan atau skill yang perlu Anda pelajari dan kuasai mulai saat ini jika ingin berkarier sebagai digital marketing atau pemasar digital.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Industri pemasaran digital saat ini tampak bergerak cepat dengan berbagai perkembangan baru terjadi setiap hari. Perubahan ini bisa saja mempersulit pemberi kerja atau rekruiter untuk menemukan orang yang tepat dan mampu mengisi lowongan pemasaran digital marketing dari mereka.

Digital marketing sendiri merupakan suatu teknik pemasaran di mana promosi produk dan layanan menggunakan platform digital, teknologi seluler, dan web di seluruh dunia. Pendapatan atau gaji seorang digital marketing biasanya sekitar Rp5.000.000 untuk tahap pemula dan bisa di atas Rp10.000.000 untuk level senior.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkarier di bidang digital marketing, penting bagi Anda untuk mendalami beberapa skill atau keterampilan berikut ini.

Skill atau Keterampilan yang Harus Dikuasai untuk Berkarier di Digital Marketing

1. Analisis data

Analisis data berfungsi untuk memproses informasi dari banyak interaksi digital yang telah dilakukan. Anda bisa menganalisis dari berbagai tools salah satunya yaitu Google Analytics untuk memahami dan menganalisis perilaku konsumen. 

2. Mampu membuat konten

Menghasilkan konten adalah inti penting dari pemasaran digital. Anda harus mampu menarik audiens yang ditargetkan ke merek melalui konten yang Anda buat.

Saat membuat konten, usahakan menghasilkan konten berkualitas tinggi dan ramah SEO untuk berbagai channel yang Anda miliki. Selain itu, berusahalah untuk memahami cara membuat konten menarik yang melibatkan pelanggan. Bangun konten abadi Anda, yaitu konten yang tidak ketinggalan zaman atau green content, dan jika pelanggan menemukan konten tersebut bertahun-tahun, informasinya akan tetap relevan.

Dalam pemasaran digital, konten dapat mengambil banyak bentuk, bisa berbentuk video, blog, email, e-book, dan masih banyak lagi. Anda juga harus memastikan bahwa konten perlu memiliki kualitas baik, relevan dengan audiens, dan menarik.

3. Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)

Konten digital yang Anda buat tidak memiliki nilai kecuali jika audiens target Anda bisa melihatnya. Oleh karena itu, Anda harus mencoba berbagai cara untuk mengarahkan mereka ke postingan Anda.

Baik SEO dan SEM sama-sama mampu membantu mendorong konten Anda ke pelanggan target Anda dan kedua mesin juga mempersempit ke basis data pelanggan Anda. Jadi, penting untuk mengetahui bagaimana alat-alat ini dapat bekerja sama dengan baik.

SEO memiliki banyak metode untuk membuat konten situs web Anda lebih menarik bagi mesin telusur seperti Google. Jika Anda tertarik pada bidang ini, Anda harus tahu cara kerja dinamika SEO. 

4. Pengembangan website

Tidak hanya memahami SEO, seorang yang berkarier sebagai digital marketing perlu mengetahui soal website dan desain grafis untuk meningkatkan layanan atau produk yang ditawarkan.

Anda dapat meminta tolong pada spesialis seperti developer untuk melakukan pekerjaan rumit seperti pengkodean, tetapi ada baiknya untuk mengetahui bagaimana gambar dan aset pemasaran apa yang menarik bagi audiens Anda, dan bagaimana mengoptimasinya agar sesuai dengan kepribadian merek Anda.

5. Pemasaran video

Video telah mengambil alih internet, dan kemungkinan besar akan tetap ada. Anda tidak harus tahu segalanya tentang produksi video sebagai pemasar digital. Tetapi mengetahui cara membuat video tanpa mempekerjakan seorang profesional adalah tempat yang bagus untuk memulai. Anda juga perlu memiliki berbagai referensi konten video agar semakin kreatif video yang Anda buat dan membantu mendongkrak penjualan merek Anda.

Itu tadi beberapa keterampilan atau skill yang perlu Anda pelajari dan kuasai mulai saat ini jika ingin berkarier sebagai digital marketing atau pemasar digital. Selamat mencoba.