Nasional

Tertib Laporan Berkelanjutan, PT Timah Sabet Peringkat Emas di ASRRAT 2023

  • PT Timah Tbk berhasil menyabet penghargaan bergengsi Peringkat Emas pada ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023, yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR)
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - PT Timah Tbk berhasil menyabet penghargaan bergengsi Peringkat Emas pada ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2023, yang diselenggarakan oleh National Center for Sustainability Reporting (NCSR). 

Penghargaan ini menjadi legitimasi perusahaan atas dedikasi dalam melaporkan laporan keberlanjutan secara transparan dan komprehensif.

Tema ASRRAT tahun ini, "Navigating the Path to Net Zero: Accelerating Climate Action in Asia," yang berupaya menekankan peran aktor global untuk mendorong terwujudnya Net Zero Emissions (NZE) dan penggunaan mesin yang menghasilkan emisi bersih di disektor manufaktur industri.

Penghargaan ASRRAT menjadi salah satu indikator tolak ukur untuk menilai kualitas laporan keberlanjutan perusahaan yang mengikuti standar Global Reporting Initiative (GRI). Proses evaluasi melibatkan analisis professional yang ber sertifikat dalam bidang pelaporan keberlanjutan untuk memastikan penilaian yang teliti dan kredibel.

“Laporan keberlanjutan telah memberikan wawasan berharga mengenai kemajuan yang telah dicapai dalam mengurangi emisi, melestarikan sumber daya, dan memajukan keadilan sosial. Hal ini juga berfungsi sebagai road map untuk diikuti oleh bisnis dan organisasi lain,” ungkap Ketua NCSR, Dr. Ali Darwin, dilansir kabarbumn.com, Kamis, 9 November 2023.

ASRRAT 2023 mengalami peningkatan jumlah peserta dibanding tahun lalu. Panel penilaian melibatkan lima juri,18 penilai bersertifikat CSRS dari seluruh Indonesia, berkontribusi dalam proses evaluasi yang ketat.

National Center for Sustainability Reporting (NCCR) mengelompokkan laporan keberlanjutan menjadi empat peringkat: Platinum (tertinggi), Emas, Perak, dan Perunggu (terendah). Pencapaian Peringkat Emas PT Timah Tbk menjadi apresiasi atas komitmen perusahaan dalam menerapkan praktik bisnis berkelanjutan.

Abdullah Umar, Sekretaris PT Timah Tbk, menekankan bahwa penghargaan ini menjadi bentuk pengakuan terhadap komitmen perusahaan yang secara aktif menerapkan upaya bisnis berkelanjutan. Penghargaan ini juga menempatkan PT Timah sebagai salah satu pelopor dalam penerapan mekanisme industri yang  berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.