Elon Musk
Dunia

Terungkap! Elon Musk Jual Saham Tesla hingga Rp102 Triliun

  • Berdasarkan laporan pengajuan keuangan terbaru, Elon Musk dilaporkan telah menjual sekitar 7,92 juta saham perusahaannya, Tesla.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

TEXAS - Berdasarkan laporan pengajuan keuangan terbaru, Elon Musk dilaporkan telah menjual sekitar 7,92 juta saham perusahaannya, Tesla. 

Harga saham yang dijual mencapai US$6,88 miliar atau setara Rp101,8 triliun (asumsi kurs Rp14.801 per dolar AS). 

Menurut laporan yang dirilis hari Selasa, 9 Agustus lalu oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), transaksi yang dilakukan terjadi pada 5-9 Agustus, seperti dikutip dari CNBC.

Transaksi itu dilaksanakan setelah rapat pemegang saham tahunan Tesla 2022 pada 4 Agustus lalu di Texas, AS.

Setelah pengajuan itu terungkap, Elon menjawab pertanyaan mengenai apakah ia telah selesai menjual saham perusahaan kendaraan listriknya. Beberapa orang juga mempertanyakan kemungkinan pembelian saham itu di masa depan. 

“Ya. Dengan kemungkinan yang “semoga tidak terjadi” di mana Twitter memaksa perjanjian untuk diselesaikan dan beberapa mitra ekuitas gagal, maka penting untuk menghindari penjualan darurat saham Tesla,” tegasnya melalui Twitter.

Beberapa waktu terakhir, orang terkaya di dunia itu sedang terjerat kasus dengan perusahaan media sosial Twitter mengenai rencana akuisisi. 

Tidak jelas mitra ekuitas apa yang ditakutkan akan membatalkan rencana pembiayaan ambil alih Twitter oleh Elon.

Pada awal Mei lalu, Elon telah mengumpulkan 19 mitra yang berbeda termasuk Pangeran Alwaleed Bin Talal Bin Abdulaziz Alsaud dari Arab Saudi, Qatari Holding, perusahaan venture Sequoia, dana DFJ Growth, Vy Capital, dan pertukaran mata uang kripto Binance.

Dia juga mengatakan akan membeli kembali sebagian sahamnya jika dia tidak harus melalui akuisisi Twitter.

Awal tahun ini, CEO Tesla dan SpaceX itu menyampaikan bahwa dia tidak memiliki rencana penjualan TSLA lebih lanjut setelah 28 April.

Namun, pada pekan itu pula pengajuan SEC mengungkapkan penjualan satu blok saham oleh Elon senilai sekitar US$8,4 miliar (Rp124 triliun).