Debut Joao Felix di Barcelona
Olahraga

Terungkap, Joao Felix Hanya Digaji Barcelona Rp6,5 Miliar Per Tahun

  • Laporan jurnalis lokal Spanyol Cadena COPE Pedro Morata, selama satu musim di Barcelona, Joao Felix hanya mendapatkan gaji sebesar 400 ribu Euro/Rp6,5 miliar per tahun.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Impian Joao Felix bermain untuk klub impian semasa kecil Barcelona selama satu musim harus mengorbankan penurunan gaji yang signifikan dibanding yang diperoleh di Atletico Madrid. 

Melansir Daily Mail, Selasa 5 September 2023, menurut laporan jurnalis lokal Spanyol Cadena COPE Pedro Morata, selama satu musim di Barcelona, Felix hanya mendapatkan gaji sebesar 400 ribuEuro/Rp6,5 miliar per tahun. (Rp16.396,39 per satu Euro)

Hal itu berbanding terbalik jauh sekali dengan gajinya di Atletico Madrid yang mencapai 14 juta Euro atau setara Rp232 miliar per tahun. Itu artinya pemain berusia 23 tahun mengalami penurunan gaji hampir 90 persen. 

Diketahui, keputusan Felix untuk menerima pemotongan gaji merupakan dorongan besar bagi Barcelona, ​​​​yang masalah keuangannya telah terdokumentasi dengan baik, dengan klub harus berusaha keras untuk merekrut pemain di jendela transfer baru-baru ini.

Namun demikian, Felix masih bisa bernafas lega, karena Atletico Madrid masih bersedia membayar gajinya selama dua bulan, mencakup bulan Juli dan Agustus, yang jumlahnya sekitar 1,5 juta Euro atau setara Rp24 miliar. 

Sebelum bergabung dengan Barcelona, ​​​​Felix menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan Atletico yang akan membuatnya tetap di klub hingga 2029. Diketahui, kontrak ini juga mencakup pengurangan gaji sebesar 50 persen atau menjadi 7 juta Euro/Rp115 miliar per tahun untuk periode 2024-2029. 

Melansir One Football, otoriras La Liga langsung bergerak cepat dan memperingatkan Barcelona untuk menaikan gaji Felix menjadi sebesar 4 juta Euro/Rp65 miliar per tahun. Aturan itu dibuat mengacu pada durasi kontrak, situasi pasar dan umur pemain. 

Diketahui Barcelona masih dalam keadaan limbung keuangan. Untuk menyiasastinya, klub asal Catalan itu telah meminjamkan Eric Garcia, Ansu Fati dan menjual Ez Abde pada penutupan bursa transfer. 

Felix melakukan debutnya di Barcelona sebagai pemain pengganti dalam kemenangan 2-1 atas Osasuna pada hari Minggu ketika pasukan Xavi mempertahankan awal tak terkalahkan mereka musim ini untuk tetap hanya dua poin di belakang pemimpin klasemen Real Madrid.

Profil Joao Felix

Melansir Transfermarkt, Joao Felix Sequeira atau Joao Felix lahir di Viseu Portugal, pada 10 November 1999. Felix muda menimba ilmu di akademi Os Pestinhas mulai dari 2007 hingga 2008. Ia kemudian melanjutkan proses belajarnya sebagai pemain sepak bola junior di akademi Porto mulai 2008.

Setelah menimba ilmu di tim akademi Porto selama empat tahun, terhitung mulai dari 2008 hingga 2012, Joao Felix mendapat kesempatan bermain untuk Porto U-15 pada 2012. Pada 2014, Joao Felix direkrut oleh Padroense untuk bermain di skuad U-17 Padroense.

Setelah setahun bersama Padroense U-17, Joao Felix memperkuat Benfica. Ia meniti dari Benfica U-17 pada 2015, Benfica U-19 pada 2016, Benfica B pada 2017, dan skuad utama Benfica pada 2018. Selama empat tahun bersama Benfica segala kelompok usia, Joao Felix tercatat sebanyak 87 pertandingan dengan 34 gol dan 17 assist.

Performa Felix di Benfica membuat dia direkrut oleh Atletico Madrid. Tapi, dia belum mampu memenuhi ekspektasi manajemen Atletico Madrid. Ia tercatat mengemas 34 gol dan 18 assist dari 131 pertandingannya bersama dengan Atletico Madrid.

Sebelum menjalani masa peminjaman ke Barcelona, Joao Felix sempat dipinjam Chelsea. Selama setengah musim membela Chelsea, Joao Felix hanya mencetak sebanyak 4 gol dari 20 pertandingannya.