Konpers rekrutmen Bersama BUMN
BUMN

Tes Bahasa Inggris Rekrutmen Bersama BUMN Sulit, Ini Respon Kementerian BUMN

  • Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia Alexandra Askandar buka suara terkait keluhan peserta dalam Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) tahun sebelumnya yakni tes bahasa inggris yang terlalu sulit.
BUMN
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Alexandra Askandar buka suara terkait keluhan peserta dalam Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) tahun sebelumnya yakni tes bahasa inggris yang terlalu sulit.

Alexandra menyebut pihaknya telah melakukan evaluasi dari tahun ke tahun. Dalam evaluasi tes bahasa inggris ini pihaknya tidak akan menurunkan standar tes, melainkan akan disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan BUMN.

"Untuk bahasa Inggris ini kita tentunya akan melihat kembali, tapi bukan berarti kita akan menurunkan standar. Karena kita menggunakan benchmark," katanya dalam Konpers Rekrutmen bersama BUMN pada Jumat, 22 Maret 2024.

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka Besok 23 Maret

Alexandra menambahkan, pihaknya juga tak mungkin untuk menurunkan standar soal tes bahasa Inggris dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2024. Menurutnya, ambang nilai bahasa Inggris dalam Rekrutmen Bersama BUMN telah mempertimbangkan seleksi serupa yang dilakukan di luar perusahaan BUMN.

Meski demikian, Kementerian BUMN mengaku akan mendengarkan masukan dari berbagai pihak terkait pelaksanaan Rekrutmen Bersama BUMN. Termasuk dalam tahapan tes bahasa Inggris yang dikeluhkan banyak pelamar di tahun sebelumnya.

Adapun keluhan soal TBI tersebut ramai dicuitkan oleh para pengguna Twitter. Pasalnya, itu dianggap jauh lebih susah dibandingkan tes Bahasa Inggris lain semisal TOEFL maupun IELTS.

Baca Juga: Pencari Kerja Merapat, Berikut Jadwal Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka

Kementerian BUMN bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) mengumumkan pembukaan rekrutmen bersama BUMN untuk periode 2024 (RBB 2024) pada Sabtu 23, Maret 2024.

Pada tahun ini, rekrutmen bersama BUMN untuk periode 2024 menyediakan sebanyak lebih dari 100 BUMN dengan menyediakan lapangan kerja sebanyak 688 lowongan dan 1.830 posisi.

Dengan batasan usia mulai untuk SMA itu di bawah atau sampai dengan usia 25 tahun untuk diploma (D3) di bawah sampai dengan usia 27 tahun. KKemudian untuk sarjana sampai dengan usia 30 tahun dan magister sampai dengan usia 35 tahun.

RBB 2024 dibuka hingga 1 April 2024 dan nanti pengumuman  dilakukan di akhir bulan Juli 2024.