Robot-manusia produksi Tesla akan segera diperkenalkan dan dioperasikan.
Dunia

Tesla Akan Memamerkan Prototipe Robot-Manusia Produksinya

  • Perusahaan milik Elon Musk, Tesla, akan segera mengoperasikan robot-manusia nya pada bulan September mendatang.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

TEXAS - Perusahaan milik Elon Musk, Tesla, akan segera mengoperasikan robot-manusia nya pada bulan September mendatang.

Hal ini disampaikan bersamaan dengan pengumuman “AI DAY” jilid kedua yang diselenggarakan Tesla untuk memamerkan proyek perusahaan.

Sejak penyelenggaraan pertama pada tahun lalu, Tesla telah mengumumkan rencana-rencana mengenai robot humanoid yang diberi nama “Tesla Optimus”.

Acara kedua yang akan digelar pada 30 September mendatang itu sempat mundur dari jadwal sebelumnya pada bulan Agustus, seperti dikutip dari New York Post.

“Kami mungkin akan sudah memiliki prototipe dari Optimus nantinya,” kata pemilik perusahaan, Elon Musk melalui Twitter.

Sebelumnya, Elon menjelaskan bahwa Optimus akan mampu menjalankan tugas harian seperti berbelanja. Tujuannya adalah untuk pemacu agar manusia dapat berkembang lebih cepat bahkan mengalahkannya.

Bahkan ia mengatakan bahwa robot ini bisa jadi rekan sekaligus pekerja di masa depan. Robot itu nantinya juga akan mampu mengembangkan kepribadian seiring berjalannya waktu sehingga setiap robot akan berbeda. 

Dengan segala kecanggihannya, Elon meyakinkan bahwa robot-robotnya tidak akan menimbulkan ancaman karena kontrolnya akan terpusat.

Dalam wawancara di Forum Ekonomi Qatar pada hari Selasa, 21 Juni lalu, Elon mengumumkan bahwa pihak perusahaan sedang mengusahakan prototipe akan segera berfungsi. 

““Kami memiliki tim yang sangat berbakat di Tesla yang bekerja sama dengan saya untuk menyiapkan prototipe robot humanoid pada akhir September,” tegas Elon.

Ia menambahkan bahwa Tesla akan memamerkan inovasi lain dalam acara itu untuk menegaskan posisinya sebagai perusahaan kecerdasan buatan (AI) terkemuka di dunia.