TESLA
Industri

Tesla Bakal Garap Mobil Listrik Murah di Pabrik India

  • Rencana pengembangan Tesla di India semakin mengerucut yakni pendirian pabrik yang dikhususkan untuk menggarap mobil listrik murah seharga US$24.000 atau setara Rp360 juta per unit.
Industri
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Tesla terus mematangkan rencana pembangunan pabriknya di India. Kabar terakhir, perusahaan otomotif tersebut berencana memproduksi mobil listrik murah di pabriknya di Asia. Harga mobil listrik Tesla hasil bikinan pabrik India bakal dibanderol sekitar Rp360 juta. 

Dikutip dari Reuters, Selasa 25 Juli 2023, rencana produksi mobil listrik dengan harga lebih terjangkau semakin dimatangkan menyusul pertemuan perwakilan Tesla dengan Kementerian Perdagangan India bulan ini. Pertemuan yang dihadiri langsung Menteri Perdagangan India dan representasi pabrikan milik Elon Musk tersebut.

Dalam pertemuan itu, rencana pengembangan Tesla di India semakin mengerucut yakni pendirian pabrik yang dikhususkan untuk menggarap mobil listrik murah seharga US$24.000 atau setara Rp360 juta per unit. Produk EV tersebut diklaim jauh di bawah model termurah saat ini yakni Tesla Model 3 yang dijual di China dengan harga US$32.200 atau setara Rp484 juta per unit.

“Tesla telah menyatakan minatnya untuk membangun pabrik di India yang akan memproduksi kendaraan listrik (EV) berbiaya rendah untuk pasar lokal dan untuk ekspor,” ujar seorang sumber, dikutip dari Reuters.

Model EV Terbaru

Sumber tersebut mengatakan perusahaan telah mengindikasikan produk tersebut nantinya merupakan model EV baru yang belum pernah diproduksi. Pertemuan antara Tesla dan Menteri Perdagangan merupakan kelanjutan pertemuan tingkat tinggi sebelumnya. 

Pada Juni lalu, Elon Musk secara khusus bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi. Pada kesempatan itu, Elon mengungkapkan rencana investasi besar di India. Pada bulan Mei, para eksekutif Tesla mengunjungi India dan mengadakan pembicaraan untuk membangun basis produksi mobil dan baterai di India.

Rencana pembangunan pabrik Tesla di India menjadi pukulan tersendiri bagi Indonesia yang telah merayu perusahaan tersebut sejak tahun 2020. Untuk mengetahui kejelasan investasi Tesla di Tanah Air, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, bahkan segera Elon Musk di California.

Pertemuan rencananya dijadwalkan 2 Agustus 2023,  “Saya mau ketemu Elon nanti (tanggal) 2 bulan depan (Agustus). Ini mau finalkan (rencana investasi)” ujar Luhut, dikutip Selasa 25 Juli 2023. Diketahui, Indonesia sudah terikat dalam Non-Disclosure Agreement (NDA) dengan perusahaan otomotif Tesla.

Namun, Tesla tidak kunjung merealisasikan investasinya tersebut di Indonesia meski sudah ada perjanjian diantara kedua belah pihak. “Saya akan melalukan finalisasi di California, apakah memungkinkan investasi di Indonesia” ujar Luhut.