Gaya Hidup

Tetap Hemat kala Belanja Online

  • JAKARTA – Di masa pandemi Covid-19 saat ini, belanja daring (online) menjadi pilihan yang paling mungkin dilakukan ketimbang belanja tatap muka. Dari makanan, keperluan rumah tangga, hingga perangkat elektronik dapat dibeli secara online. Bagi Anda yang terbiasa berbelanja tatap muka dengan sistem tawar menawar, fenomena belanja online ini menjadi pengalaman yang menantang. Salah satunya, tawar-menawar […]

Gaya Hidup
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

JAKARTA – Di masa pandemi Covid-19 saat ini, belanja daring (online) menjadi pilihan yang paling mungkin dilakukan ketimbang belanja tatap muka.

Dari makanan, keperluan rumah tangga, hingga perangkat elektronik dapat dibeli secara online.

Bagi Anda yang terbiasa berbelanja tatap muka dengan sistem tawar menawar, fenomena belanja online ini menjadi pengalaman yang menantang. Salah satunya, tawar-menawar hampir tidak ada saat berbelanja online. Harga barang di situs belanja online biasanya tidak bisa ditawar.

Nah, berikut kiat untuk Anda agar bisa berbelanja online dengan tetap hemat. Kiat ini bersumber dari Kiplinger.

Buat Rencana untuk Batasi Pembelian

Saat berbelanja online, Anda dihadapkan pada ruang belanja yang tidak terbatas. Berbelanja secara virtual dapat membuat isi dompet Anda berkurang lebih cepat daripada berbelanja di toko-toko.

Pakar belanja dan tren dari RetailMeNot.com, Sara Skirboll, mengatakan sangat penting bagi pembeli online untuk membuat rencana ke depan.

Sebelum mulai berbelanja, buat daftar barang yang diinginkan. Dengan begitu Anda tahu persis barang-barang apa saja yang rencananya dibeli dan kecil kemungkinan Anda digoyahkan promosi.

Setelah Anda mengetahui berapa banyak nilai belanja Anda, pertimbangkan untuk membeli gift card senilai jumlah belanja Anda. Cara ini berguna untuk menghalangi Anda mengeluarkan uang terlalu banyak.

Bandingkan Harga

Jika Anda ingin berhemat, telusuri mesin pencari untuk mengecek harga barang yang Anda inginkan di beberapa e-commerce. Mungkin saja ada toko di e-commerce tertentu yang memasang harga lebih miring.

Ketika berada di satu e-commerce, Anda perlu juga membandingkan barang yang Anda incar di berbagai toko. Tentu saja, untuk mencari harga lebih murah dengan kualitas yang sama.

Follow Penjual di Media Sosial

Banyak penjual menggunakan saluran media sosial mereka sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan peluncuran produk baru dan penjualan yang akan datang. Biasanya, mereka memberikan kode promosi atau diskon yang sebarannya tidak luas. Cara mereka dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh barang dengan harga lebih murah.

Manfaatkan Tawaran dari Kartu Kredit

Jika penyedia kartu kredit Anda mengirimkan e-mail berisi sejumlah penawaran belanja, jangan dihapus. Anda mungkin saja bisa memperoleh penghematan ekstra untuk barang-barang yang Anda beli dengan kartu kredit tersebut.

Reward dan Diskon Kartu Kredit

Maksimalkan belanja berhemat Anda dengan menggunakan kartu kredit. Tergantung nilai belanja, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah dan fasilitas lain termasuk cashback dan opsi pengiriman yang dipercepat.

Meski demikian, penggunaan kartu kredit mengandung risiko, berupa biaya keterlambatan dan biaya bunga. Jadi, pastikan untuk berbelanja dengan bijak ketika menggunakan kartu kredit.

Jika Anda tidak mampu melunasi saldo dalam satu siklus penagihan, pertimbangkan untuk mengurangi daftar belanjaan Anda. Pengeluaran berlebihan juga dapat berdampak negatif pada nilai kredit Anda.