Dapatkan Paket Kompensasi yang Terlalu Tinggi, CEO Reddit Dikritik Netizen
Dunia

Tetapkan Paket Kompensasi hingga Rp3 T, CEO Reddit Dikritik

  • Beberapa pengguna bahkan menyatakan bahwa pengungkapan gaji CEO yang besar jomplang dengan keberadaan moderator yang bahkan tidak dibayar di platform tersebut.
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - CEO Reddit, Steve Huffman telah menetapkan paket kompensasi senilai US$193 juta atau setara Rp3,03 triliun (asumsi kurs Rp15.706). Hal ini membuatnya dikritik keras oleh netizen. 

Para pengguna di berbagai platform seperti Quora, Reddit, dan X kompak mengkritik Steve Huffman. Mereka berpendapat bahwa jumlah tersebut terlalu besar, terutama untuk sebuah platform yang tidak memberi bayaran kepada moderator atau penggunanya. Ada juga kekhawatiran yang disampaikan mereka karena Reddit belum mencapai titik keuntungan.

Beberapa pengguna bahkan menyatakan bahwa pengungkapan gaji CEO yang besar jomplang dengan keberadaan moderator yang  bahkan tidak dibayar di platform tersebut.

Dikutip TrenAsia.com dari Business Insider pada Selasa, 19 Maret 2024, dalam menjawab kritik tersebut, Huffman menggunakan platform yang ia dirikan, Reddit, untuk menjelaskan bahwa kompensasinya didasarkan pada gaji dan saham, serta ditetapkan oleh anggota dewan Reddit berdasarkan kinerjanya.

Huffman memperinci bahwa gajinya pada tahun 2023 sebesar US$341.346 atau setara Rp5,36 miliar, yang tergolong rendah untuk seorang CEO. Namun demikian, dia menerima bonus besar dan kenaikan gaji pada tahun berikutnya berdasarkan pertumbuhan jumlah pengguna Reddit, pendapatan, dan profitabilitas perusahaan.

Sebagian besar dari kompensasi Huffman saat ini berbentuk unit saham terbatas dan opsi saham, yang akan diberikan kepadanya tergantung pada masa kerjanya di Reddit dan pencapaian IPO.

Dalam video yang diunggah, Huffman juga menjelaskan bahwa sejumlah besar saham baru yang diterimanya pada akhir tahun 2023 adalah hasil dari pembatalan penghargaan saham sebelumnya, dan ini bertujuan untuk menyederhanakan struktur kompensasi dan menyelaraskan minatnya dengan keberhasilan perusahaan.

Meskipun begitu, ada beberapa penghargaan saham berbasis kinerja sebelumnya yang dibatalkan karena tidak memberikan insentif yang diharapkan.

Selain kompensasi yang diterimanya, Huffman juga memiliki sekitar 3,2% saham Reddit. Dengan valuasi perusahaan yang diharapkan mencapai US$6,4 miliar, kepemilikan Huffman sendiri di Reddit sudah bernilai sekitar US$200 juta sebelum IPO.

Meskipun jumlah kompensasi Huffman tampak besar, kenyataannya, bagian besar dari kompensasi tersebut berbentuk saham, yang nilainya tergantung pada kinerja perusahaan di masa mendatang. Oleh karena itu, Huffman masih memiliki peluang untuk menjadi lebih kaya ketika Reddit menjadi perusahaan publik.

Untuk diketahui, Reddit akan resmi IPO pada 21 Maret 2024. Dua sumber yang diwawancarai oleh Financial Times mengungkapkan bahwa Reddit akan menetapkan harga penawaran saham perdana pada tanggal 20 Maret dan memulai perdagangan pada tanggal 21 Maret. 

Dilaporkan juga bahwa perusahaan ini menargetkan harga saham antara US$31 atau setara Rp483,62 ribu (asumsi kurs Rp15.607) dan US$34 setara Rp530 ribu, sebanding dengan valuasi sekitar US$6,5 miliar atau setara Rp101,43 triliun yang disebutkan oleh pihak lain.