Desain pembangunan IKN Nusantara.
Nasional

Thales Prancis Siap Bangun Infrastruktur Teknologi di IKN

  • Dalam rangka menciptakan konsep kota pintar atau smart city di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Otoritas IKN menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan asal Prancis bernama Thales.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Otoritas IKN menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Prancis bernama Thales untuk menciptakan konsep kota pintar (smart city) di IKN Nusantara. Thales juga diharapkan melatih warga agar dapat beradaptasi dengan teknologi terkini.  

Upaya menjalin kerja sama tersebut dilakukan dengan kunjungan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono bersama dengan Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Mohammed Ali Berawi ke markas besar Thales di Prancis.

Dalam pertemuan tersebut, mereka bertemu dengan pejabat Thales Makrem Dridi. Thales digadang-gadang turut serta membangun infrastruktur di IKN yang mengusung konsep smart city atau kota pintar. 

Tidak hanya membangun infrastruktur, perusahan ini nantinya juga melakukan pelatihan kepada masyarakat di wilayah tersebut agar dapat beradaptasi dengan penguasaan teknologi sembari tetap menjaga keberlanjutan linhkungan.

“Perusahaan teknologi Thales turut serta dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, sehingga mampu menciptakan kota yang berlandaskan dengan konsep kota pintar atau smart city,” ujar Kepala OIKN, Bambang Susantono dalam keterangannya, dikutip dari Antara Senin 9 Oktober 2023.

Bambang mengatakan tak mudah bagi negara berkembang untuk mengubah peradaban. Oleh karena itu, perlu adaptasi dan strategi dengan memberi kesempatan semua lapisan masyarakat berpartisipasi dalam perubahan teknologi. “Tentunya dengan mengedepankan aspek berkelanjutan lingkungan.”

Sebelumnya Perusahaan teknologi asal China, Huawei Indonesia, mengambil langkah proaktif untuk mendukung pengembangan Smart City di Indonesia. Hal ini disampaikan melalui perhetalatan yang Indonesia-China Smart City Technology and Investment Expo 2023 beberapa waktu lalu.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan penerapan smart city di Indonesia merupakan sebuah keharusan. Tujuannya adalah untuk mengatasi permasalahan perkotaan yang mungkin timbul terutama di IKN.

"Kita harus mencari solusi yang dapat membantu kita mengatasi tantangan utama seputar masalah energi, pangan, dan kesehatan. Dalam kaitan itu, kami tentu menyambut baik kerja sama yang saling menguntungkan dengan sektor swasta dan mitra internasional,” kata Erick.