The Beatles.
Gaya Hidup

The Beatles Bakal Rilis Lagu Baru dengan Kecerdasan Buatan Akhir Tahun Ini

  • Lagu terbaru itu sekaligus bakal menjadi rekaman terakhir bagi band asal Liverpool tersebut.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Grup band legendaris, The Beatles, siap membikin kejutan dengan merilis lagu baru. Yang menarik, lagu anyar kali ini bakal bernuansa berbeda karena dibikin menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Lagu terbaru itu sekaligus bakal menjadi rekaman terakhir bagi band asal Liverpool tersebut. 

Pentolan The Beatles, Paul McCartney, mengatakan lagu baru The Beatles telah selesai dibikin dengan memasukkan suara mendiang vokalis John Lennon versi AI. Mc Cartney membeberkan karya tersebut akan segera dilempar ke pasaran. “Kami baru saja menyelesaikannya, akan dirilis tahun ini,” ujar McCartney, kepada program Today di Radio BBC 4, dikutip dari NPR, Kamis 15 Juni 2023.

Kehadiran AI dinilai membuat hal yang tidak mungkin menjadi dapat direalisasikan. Diketahui, John Lennon telah meninggal dunia karena dibunuh pada 8 Desember 1980. Dengan teknologi kecerdasan buatan, suara Lennon di kaset demo lama dapat direkam untuk dimasukkan ke karya baru.  

The Beatles menggunakan materi sumber dari rekaman demo yang dibuat Lennon sebelum kematian sang frontman. “Kami dapat mengambil suara John dan membuatnya murni melalui AI, sehingga kami dapat mencampur rekaman seperti yang biasa dilakukan,” ujar Paul.

Rekaman Terakhir The Beatles

Basis The Beatles itu menyadari teknologi dapat menawarkan kesempatan baru untuk mengerjakan musik. Hal itu setelah dia melihat Peter Jackson, pembuat film yang terkenal cerdik, menghidupkan kembali materi arsip untuk Get Back. Get Back merupakan film dokumenter tentang band tersebut ketika membuat album Let It Be.

McCartney menambahkan lagu dengan nuansa AI tersebut bakal sekaligus menjadi rekaman pamungkas The Beatles. “Ini akan menjadi rekaman terakhir,” ujar musisi yang kini 80 tahun tersebut. Pada Februari 2023 lalu, personel tersisa The Beatles yakni Paul McCartney dan Ringo Starr dikabarkan digandeng Rolling Stones untuk persiapan album terbaru. 

Dilansir dari Variety, Rolling Stones telah berkomunikasi dengan McCartney dan Ringo Starr untuk mengisi album terbaru. Paul McCartney bahkan disebut telah menjalani proses rekaman untuk bagian bass. Adapun Ringo Starr bakal mengisi part drum. Belum dapat dipastikan apakah keduanya mengisi lagu yang sama atau tidak di album Rolling Stones.