<p>Ojek online mangambil penumpang di kawasan stasiun Sudirman, Jakarta, Senin 8 Juni 2020. Setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan memasuki fase transisi, mulai Senin 8 Juni 2020, layanan ojek online GoRide dan Grab Bike sudah bisa digunakan kembali oleh masyarakat. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Tidak Ada Kepentingan Demo PPKM, Mitra Ojol Pilih Bekerja Cari Nafkah Seperti Biasa

  • Komunitas Ojek OnlIne (Ojol) menegaskan tidak terlibat dalam rencana dan tidak ada niat ikut serta dalam beredarnya kabar seruan aksi nasional.
Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Komunitas Ojek OnlIne (Ojol) menegaskan tidak terlibat dalam rencana dan tidak ada niat ikut serta dalam beredarnya kabar seruan aksi nasional. Selain merasa tidak perlu ikut berpolitik, mereka memilih fokus mencari nafkah untuk keluarga ketimbang ikutan demo yang disebut-sebut akan dilaksanakan pada 24 Juli 2021 itu.

Pendiri Persatuan Driver Gojek Indonesia (PDGI) Jefry Supriyadi mengatakan pihaknya tidak pernah terlibat dalam seruan aksi yang sedang marak beredar tersebut.

”PDGI tidak pernah ikut menyerukan atau ikut demo apapun. Informasi ini sekali lagi bukan dari PDGI,” ujarnya, Jumat, 23 Juli 2021.

Pernyataan yang sama juga dilontarkan Mardian, driver Ojol yang juga Ketua PDGI Bekasi.

“Yang pasti dari PDGI kami tidak ikut berpolitik. Kami hanya mencari nafkah di bawah nama perusahaan aplikasi Gojek Indonesia. Bukan organisasi yang di luar sana coba ngatur-ngatur pemerintah seakan-akan dirinya mampu,” imbuhnya.

Terkait dengan beredarnya poster seruan aksi, kata Mardian, benar atau tidaknya pun belum bisa dibuktikan. Dia meyakini ada pihak yang menyebar isu dan melibatkan nama Ojol. 

“Benar atau tidaknya (ada demo) setahu saya isu namun memang ada yang mencatut nama Ojol,” tegasnya.

Mardian menyadari jumlah mitra Ojol bahkan termasuk taksi online sangat banyak sehingga sulit mengontrol satu per satu. Pihaknya hanya menjaga dari sisi komunitas dan melakukan koordinasi berdasarkan wilayah operasi.

“Kami hanya menghimbau komunitas kami masing masing agar tetap tidak ikut serta dalam aksi tersebut jika memang ada ya kalaupun ikut kami atas nama organisasi tidak bertanggung jawab jika ada suatu lain hal yang terjadi pada dirinya,” tambahnya.

Ketua Aliansi Driver Jakarta Utara Irwanto yang akrab disapa Babe Bewok menegaskan terlepas kalaupun isu demo itu benar akan terjadi, dirinya dan di komunitas lebih memilih bekerja seperti biasa. Klau saya sendiri sih tetep bekerja seperti biasa. 

“Terlebih sepanjang yang saya tahu di Jakarta tidak ada pergerakan. Kita para tokoh (mitra Ojol) baru ada diskusi bersama Kapolda dan pak dir (Direktorat Lalu lintas) terkait penyekatan dan permintaan kami ojol dikabulkan untuk bekerja, jadi bisa jalan walau ada penyekatan,” terangnya.

Dengan begitu, kata Babe yang sehari-hari menjadi mitra Gojek, Ojol tidak ada kepentingan untuk ikut dalam rencana demo yang memprotes kebijakan PPKM Darurat tersebut. 

“Terlepas ada atau tidaknya besok (24 Juli) intinya Gojek bukan bagian dari aksi itu. Saya tidak mendukung. Kita tetap bekeja seperti biasa. Semoga saja besok kondusif,” pungkasnya.