Logo baru Twitter yang sekarang dikenal dengan X
Tekno

Tidak Ada Lagi Iklan di X, Elon Musk Berikan Paket Langganan Baru

  • Simak penjelasan mengenai paket langganan baru di X di mana Elon Musk menjanjikan penggunanya tidak akan melihat iklan lagi di platform microblogging tersebut.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Elon Musk telah mengonfirmasi bahwa X atau Twitter akan memberikan dua paket berlangganan premium yang baru. Meski miliarder tersebut belum mengungkapkan harga untuk kedua paket berlangganan ini, Elon Musk telah merinci bahwa salah satu paket ini akan lebih murah daripada langganan X Premium yang sudah ada yaitu sebesar US$8 atau Rp126.795 per bulan, sementara paket lainnya akan jadi lebih mahal dan akan ada kemungkinan bagi pengguna untuk menghindari melihat iklan di platform media sosial.

Hal itu diketahui dari postingan di X yang mengonfirmasi rencana berlangganan baru, di mana Elon Musk menuliskan bahwa ada dua tingkat langganan X Premium baru yang akan segera diluncurkan. Paket langganan X Premium berbiaya lebih rendah dengan semua fitur tapi tidak ada pengurangan iklan, sedangkan paket yang lainnya akan lebih mahal tapi pengguna tidak akan dapat melihat iklan di platform microblogging tersebut.

X baru-baru ini bahkan mulai membebankan biaya berlangganan tahunan sebesar US$1 atau Rp15.849 kepada pengguna baru di Selandia Baru dan Filipina. Hal ini dilakukan oleh X dalam upaya untuk mengurangi bot dan spam di X sambil menyeimbangkan aksesibilitas platform dengan jumlah biaya yang rendah.

Program yang disebut Not A Bot ini akan menerapkan biaya berlangganan bagi pengguna yang ingin memposting suatu konten, membalas, menyukai atau memberikan likes, memposting ulang atau repost, atau mengutip postingan akun lain atau quote, dan menandai atau memberikan bookmark pada postingan.

Diketahui pada halaman dukungan atau support X tentang program baru ini menyebutkan bahwa tes baru ini dikembangkan untuk mendukung upaya signifikan X dalam mengurangi spam, manipulasi platform X, dan aktivitas bot.

Sebelumnya, Twitter juga meluncurkan opsi bagi para pengguna premium untuk membatasi balasan postingannya. Setiap pengguna X Premium akan memiliki sat tambahan opsi lagi selain tiga opsi kontrol balasan yang sebelumnya ada di X.

Hal ini diklaim bermanfaat apalagi bagi pengguna yang ingin memiliki privasi lebih atau mendapatkan tanggapan dari pengguna yang memiliki pikiran sama terhadap postingan mereka. 

Sebelum rencana ini dilaksanakan, sebetulnya X terlebih dahulu berencana meluncurkan paket dengan harga baru untuk langganan X Premium serta berencana menjadikan opsi panggilan video yang akan datang hanya untuk pelanggan X Premium. Tidak hanya itu, X juga berencana menambahkan jajak pendapat khusus bagi pengguna X Premium.

Itu tadi penjelasan mengenai paket langganan baru di X di mana Elon Musk menjanjikan penggunanya tidak akan melihat iklan lagi di platform microblogging tersebut. Apakah Anda tertarik menggunakannya?