Tidak Selalu Bekerja Terus Menerus, Ternyata Inilah yang Dilakukan Orang Sukses Ketika Akhir Pekan
Gaya Hidup

Tidak Bekerja Terus-Menerus, Ternyata Inilah yang Dilakukan Orang Sukses saat Akhir Pekan

  • Inilah beberapa kebiasaan orang sukses ketika akhir pekan. Tertarik mencobanya?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Akhir pekan merupakan hari yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang, apalagi oleh para pekerja. Pada umumnya, akhir pekan digunakan sebagai waktu bermalas-malasan, bangun tidur pada siang hari dan sebagainya.

Namun, jika Anda ingin segera berhasil, Anda bisa mencoba menyontek kebiasaan orang sukses ketika akhir pekan, seperti berikut ini.

Steve Jobs: Prioritaskan Hal yang Penting

Seperti yang dilansir dari laman Life Hack, akhir pekan merupakan waktu untuk mengingatkan kepada diri Anda tentang hal-hal kecil yang terlupakan untuk menjaga work life balance Anda agar tetap terkendali. Anda bisa mencoba menghabiskan waktu akhir pekan bersama anak, teman, atau pasangan. Meski kegiatan itu mungkin kurang terasa berdampak untuk karier Anda, bukan berarti kegiatan semacam itu bukan sesuatu yang penting. 

Warren Buffett: Luangkan Waktu untuk Hobi

Warren Buffett mungkin dianggap sebagai investor paling sukses di abad ini. Akan tetapi di waktu senggangnya, Warren Buffet justru tetap meluangkan waktu untuk hobinya yaitu bermain ukulele.

Orang-orang sukses seringkali adalah orang yang menarik dan hobi mereka sangat berkaitan akan hal tersebut. Bahkan seorang aktris sukses seperti Meryl Streep juga hobi merajut dan George W. Bush tetap melukis dengan cat minyak karena melakukan hobi terbukti dapat membantu kesuksesan, juga dapat menumbuhkan kreativitas serta menghilangkan stres.

Oprah Winfrey: Meditasi

Selebritas paling berpengaruh tahun 2013 menurut Forbes ini masih menerapkan waktu untuk duduk diam atau yoga selama 20 menit dua kali sehari. Meditasi ternyata juga sudah diakui manfaatnya yaitu mampu melatih perhatian penuh untuk mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, membuat Anda semakin kreatif, dan mempertahankan kesejahteraan.

Bill Gates: Luangkan Waktu untuk Merenung

Pendiri Microsoft yang terkenal tersebut mengatakan bahwa tidak apa-apa untuk merayakan kesuksesan, tapi lebih penting bagi Anda untuk mengambil pelajaran dari kegagalan. Akhir pekan adalah waktu yang sangat tepat untuk refleksi, mundur sejenak, dan merenungkan pelajaran apa yang bisa diambil setelah beraktivitas selama seminggu sebelumnya. Hal itu bisa membantu Anda untuk membuat perbaikan untuk minggu berikutnya.

Gretchen Rubin, seorang penulis buku The Happiness Project juga menyarankan Anda untuk memulai jurnal satu kalimat yang dapat mendorong Anda menemukan refleksi harian. 

Jack Dorsey: Bersiap-Siap

Salah satu pendiri Twitter dan Square ini memang terkenal akan kebiasaan kerjanya yaitu 16 jam mulai Senin sampai Jumat. Akan tetapi, ketika sudah sampai hari Minggu, Jack Dorsey tetap melakukan refleksi, menemukan feedback, membuat strategi untuk bersiap-siap menghadapi minggu selanjutnya.

Laura Vanderkam, seorang penulis ‘What the Most Successful People Do on The Weekend’ mengatakan bahwa orang-orang sukses tahu bahwa akhir pekan sebenarnya merupakan senjata rahasia dalam kesuksesan profesional dan harus bersiap menghadapi hari Senin.

Robert Iger: Bangun Pagi

CEO Disney ini bukan satu-satunya orang sukses yang mengaku bangun pukul 4.30 setiap pagi. Orang-orang sukses tidak akan bermalas-malasan sampai jam 2 siang pada hari Minggu. 

Itu tadi beberapa kebiasaan orang sukses ketika akhir pekan. Tertarik mencobanya?