putin.jpg
Dunia

Tidak Biasa, Putin Cerita Banyak Tentang Perangnya

  • Dalam beberapa pernyataannya  paling rinci tentang perang selama sekitar 16 bulan,  Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkap berbagai hal tentang situasi medan perang.

Dunia

Amirudin Zuhri

MOSKOW-Dalam beberapa pernyataannya  paling rinci tentang perang selama sekitar 16 bulan,  Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkap berbagai hal tentang situasi medan perang. Langkah yang jarang dia lakukan selama ini.

Komentar Putin disampaikan dalam pertemuan terbuka dengan jurnalis militer dan blogger Selasa 13 Juni 2023. Pernyataan ini mengikuti klaim Kyiv bahwa pasukan mereka telah merebut sejumlah desa pada tahap awal serangan balasan.

Pertemuan yang berlangsung lebih dari dua jam itu juga terjadi setelah serangan rudal Rusia di Ukraina tengah menewaskan sedikitnya 11 orang.

Pemimpin Rusia itu juga menegaskan bahwa pasukan Ukraina telah menderita "bencana" kerugian dalam serangan balasan. Putin mengklaim kerugian Ukraina selama serangan balasan mencapai 10 kali lipat dari Rusia. Ukraina juga disebut telah kehilangan lebih dari 160 tank dan lebih dari 360 kendaraan lapis baja lainnya. Sementara Rusia kehilangan 54 tank sejak serangan baru dimulai. “25-30% kendaraan yang dipasok dari negara lain ke Ukraina dikatakan telah rusak,” katanya.

Putin juga mengatakan  Ukraina sengaja menghantam bendungan Kakhovka dengan roket HIMARS yang dipasok amerika. Sebuah langkah yang menurutnya telah menghambat serangan balasan mereka. Putin yakin bisa menyelesaikan masalah setelah kehancuran bendungan. Termasuk pasokan air.

Ketika ditanya tentang serangan lintas batas di wilayah rusia Putin kembali menyalahkan Ukraina atau kelompok-kelompok Rusia yang mendukung Ukraina.  Putin mengakui bahwa otoritas Rusia seharusnya memprdiksi  dan bersiap untuk menghentikan serangan semacam itu.

Di awal perang, perbatasan lebih terlindungi karena Rusia menguasai lebih banyak wilayah Ukraina yang berdekatan. Tetapi  pasukan Rusia menarik diri dari sebagian besar wilayah itu pada musim gugur 2022 lalu di bawah serangan balasan Ukraina. Rusia juga mempertimbangkan untuk membuat zona penyangga di dalam Ukraina. Meski segera dia mengatakan hal itu belum diputuskan.

Putin juga juga menolak menjawab ketika ditanya  apakah Moskow akan melancarkan serangan baru di Ukraina sebagai tanggapan atas serangan balasan. Dia hanya mengatakan bahwa rencananya akan bergantung pada potensi militer.

Berbicara tentang persenjataan, Putin jmengatakan kualitas senjata Rusia meningkat. Tetapi dia juga mengakui Rusia kekurangan amunisi dan drone berpresisi tinggi. Menurutnya selama operasi militer khusus, menjadi jelas bahwa banyak hal yang kurang. 

“Kami  memiliki amunisi presisi tinggi, peralatan komunikasi, drone. Tetapi sayangnya tidak cukup,” kata   Putin. Dia  menambahkan Rusia meningkatkan produksi senjata utama sebanyak 2,7 kali selama setahun terakhir.

Putin juga kembali mengecam pasokan senjata yang terus dilakukan oleh Amerika dan sekutunya. Dia menambahkan Rusia terbuka untuk pembicaraan damai. Tetapi satu-satunya cara untuk menghentikan konflik adalah negara-negara Barat mengakhiri pasokan senjata mereka ke Kyiv.  “Barat pada akhirnya akan menyadari bahwa mereka tidak akan berhasil di Ukraina.” 

Pemimpin Rusia itu juga mengatakan dia mendukung perintah kementerian pertahanan bagi perusahaan militer swasta untuk menandatangani kontrak dengannya sebelum 1 Juli. Sesuatu yang ditolak oleh Wagner Group. Dua hal lain yang disinggung adalah tidak adanya rencana untuk melakukan mobilisasi umum dan kemungkinan Rusia akan menarik kesepakatan biji-bijian laut hitam.

Pertemuan panjang Putin dengan blogger militer bersama dengan koresponden perang dari media merupakan pengakuan dramatis akan pentingnya mereka dalam menyampaikan sudut pandang Kremlin.

Klaim Ukraina

Tidak ada tanggapan resmi dari Ukraina terkait pernyataan Putin. Tetapi setelah acara berlangsung kepala angkatan bersenjata Ukraina Valery Zaluzhny di media sosial menulis pasukannya bergerak maju.

Dia menyebut pertempuran sengit defensif dan ofensif sedang berlangsung di timur dan selatan Ukraina.  “Kami memiliki keuntungan tertentu, menerapkan rencana kami, bergerak maju,” kata 

Sementara Zelenskyy juga memuji gerakan aju' pasukan di Ukraina termasuk di dekat kota Bakhmut direbut Rusia bulan lalu.

Dia juga memuji unit-unit di front selatan. Dia mengatakan bahwa meski Rusia memiliki keunggulan udara dan rudal, ada pergerakan maju pasukan Ukraina. 

Sementara Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Malyar mengklaim  pasukan Ukraina maju 250 meter timur laut Bakhmut dan 200 meter selatan Bakhmut.[ Malyar juga melaporkan  pasukan Ukraina maju 500-1.000m dalam 24 jam terakhir di sekitar perbatasan administratif antara oblast Zaporizhia dan Donetsk. Mereka membebaskan sekitar tiga kilometer persegi wilayah di daerah yang diduduki Rusia tersebut. Sedangkakn Juru Bicara Staf Umum Ukraina Andriy Kovalev melaporkan bahwa pasukan Ukraina telah membebaskan lebih dari 100 kilometer persegi wilayah sejak memulai operasi serangan balik. Untuk dipahami apa yang disampaikan Putin dan pejabat Ukraina adalah klaim. 

Juga tidak ada tanggapan dari Pentagon terhadap tanggapan Putin. Namun seorang pejabat Amerika yang dekat dengan intelijen Amerika mengatakan apa yang disampaikan Putin tidak akurat. Namun dia menyadari bahwa Putin harus memberikan pesan positif bagi rakyat Ukraina.

Pernyataan panjang Putin juga disampaikan sesaat setelah Gedung Putih secara resmi mengumumkan rencana bantuan militer terbaru untuk Ukraina. Bantuan senilai US$325 juta atau sekitar Rp5 triliun itu mencakup 15 kendaraan tempur infanteri Bradley, 10 kendaraan pengangktu personel Stryker, tambahan amunisi untuk NASAM dan Himars, rudal anti tank Javelin dan AT-4 serta amnisi arteleri 155 dan 105 mm.