Tidak Hanya Bikin Hidup Tenang, Inilah Manfaat Memiliki Passive Income
Gaya Hidup

Tidak Hanya Bikin Hidup Tenang, Inilah Manfaat Memiliki Passive Income

  • Passive income merupakan pendapatan yang Anda peroleh secara teratur dari pekerjaan yang hanya membutuhkan sedikit atau tanpa usaha setiap hari. Inilah manfaat memiliki passive income atau pendapatan pasif.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Passive income merupakan pendapatan yang Anda peroleh secara teratur dari pekerjaan yang hanya membutuhkan sedikit atau tanpa usaha setiap hari. 

Contoh dari pendapatan pasif termasuk royalti dari buku, persentase penjualan yang dibuat dari tautan atau link di situs web Anda, properti yang disewakan, atau bunga yang diperoleh dari rekening tabungan Anda. 

Dengan memiliki pendapatan pasif, Anda akan mendapatkan aliran uang tunai yang stabil untuk membangun keamanan finansial dalam jangka waktu yang lama.

Sebagai perbandingan, pendapatan aktif atau active income mencakup upah, gaji, tip atau komisi. Pendapatan aktif membutuhkan Anda untuk terus bekerja secara terus menerus dan konsisten.

Jika saat ini Anda masih mendapatkan penghasilan aktif tapi memiliki impian untuk hidup lebih mudah atau lebih bahagia, Anda bisa memperoleh manfaat dari membangun penghasilan pasif atau passive income, seperti membuat blog, menyewakan properti, ikut affiliate marketing, dan sebagainya.

Berikut beberapa manfaat dari passive income.

1. Mengurangi Kecemasan dan Stres di Masa Depan

Dengan memiliki passive income, hidup Anda lebih tenang karena penghasilan ini berfungsi untuk mengamankan hidup dan membantu meringankan kekhawatiran jika suatu saat tidak mampu membayar tagihan.

Passive income memberikan dukungan finansial dan stabilitas pada masa depan dan menghasilkan momentum finansial untuk membantu Anda mengelola diri, waktu, dan aset secara efektif.

2. Memanfaatkan Waktu dengan Sebaiknya

Waktu adalah aset yang paling berharga. Tidak seperti uang, waktu tidak dapat diperoleh dan merupakan sumber daya yang terbatas.

Meskipun Anda mungkin tidak akan bebas dari semua tanggung jawab, pendapatan pasif memudahkan Anda untuk lebih fleksibel menghabiskan waktu yang terbatas daripada hanya menyelesaikan pekerjaan untuk membayar tagihan.

3. Memudahkan Anda untuk Melakukan Hobi

Dengan adanya kebebasan waktu, maka Anda bisa mendapatkan kebebasan memilih menggunakan waktu tersebut. Anda bisa menggunakan waktu lebih baik seperti berkumpul bersama keluarga atau menekuni hobi.

Itu tadi beberapa manfaat dari memiliki pendapatan pasif atau passive income.