Tidak Hanya Kanada, TikTok Kini Juga Dilarang oleh Belgia
Tekno

Tidak Hanya Kanada, TikTok Kini Juga Dilarang oleh Belgia

  • Tidak hanya Kanada, dikabarkan Belgia juga telah mengambil tindakan serupa yaitu melarang TikTok dari semua perangkat pemerintah.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Seperti yang telah diketahui banyak orang, TikTok mendapatkan banyak larangan dari berbagai negara. 

Beberapa hari yang lalu TikTok mendapatkan banned dari Kanada karena alasan ancaman keamanan yang diakui oleh pemerintah Kanada.

Seperti yang dilansir dari laman Gizchina, Kanada akhirnya melarang semua smartphone yang dikeluarkan oleh pemerintah dan gadget elektronik lainnya menggunakan aplikasi tersebut. 

Tidak hanya itu, dikabarkan Belgia juga telah mengambil tindakan serupa yaitu melarang TikTok dari semua perangkat pemerintah.

Pada hari Jumat, 10 Februari 2023 Perdana Menteri Belgia mengumumkan bahwa negara tersebut secara sementara akan melarang penggunaan TikTok di semua smartphone pemerintah. 

Larangan ini diberlakukan karena kecurigaan atas keamanan dunia maya, privasi, dan informasi yang salah. Dikabarkan TikTok akan dilarang di semua perangkat pemerintah setidaknya selama 6 bulan.

Hal ini menimbulkan reaksi dari TikTok di mana seperti yang dikutip dari Gizchina pada 13 Maret 2023, mereka mengungkapkan kekecewaan mereka atas tindakan tersebut.

Sebelumnya, ByteDance, perusahaan pemilik TikTok juga sudah memindahkan kantor pusatnya yang semua di China ke Singapura pada tahun 2020. TikTok juga menerbitkan pernyataan yang mengatakan bahwa data penggunanya disimpan di Amerika Serikat dan Singapura.