Tidak Hanya Mencegah Boros, Ini Keuntungan Berbelanja Barang Bekas
Gaya Hidup

Tidak Hanya Mencegah Boros, Ini Keuntungan Berbelanja Barang Bekas

  • Berbelanja barang bekas tidak hanya mencegah boros, ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat membeli barang secondhand
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Saat Anda butuh suatu barang seperti pakaian, mainan, furnitur, dan sebagainya, mungkin Anda cenderung untuk membeli barang-barang tersebut dalam keadaan baru. Padahal, membeli barang baru biasanya akan menyebabkan boros atau menghabiskan lebih banyak uang dan memengaruhi kondisi lingkungan karena pabrik terus memproduksi barang untuk memenuhi permintaan konsumen. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba untuk membeli barang bekas untuk memenuhi kebutuhan Anda. Berikut beberapa manfaat berbelanja barang bekas.

Menghemat Uang

Salah satu manfaat yang paling jelas terasa dari pembelian barang bekas adalah penghematan biaya. Anda tentu sering menemukan barang bekas yang harganya 50% jauh lebih murah daripada jika Anda membeli barang yang baru.  Anda dapat menemukan pakaian yang bermerek, sepatu, dompet, dan lainnya dengan harga yang lebih murah. 

Membantu Melestarikan Lingkungan dan Sumber Daya Alam

Saat Anda memikirkan tentang sumber daya yang digunakan untuk menciptakan barang atau produk baru, hal yang dibutuhkan bukan saja tenaga kerja dan material. Energi dan sumber daya alam akan digunakan untuk membuat kemasan dan produk baru. Setiap produk yang diproduksi bertanggungjawab terhadap pengurangan sumber daya alam serta polusi yang dikeluarkannya. 

Membeli barang bekas berarti Anda memanfaatkan sumber daya alam yang digunakan untuk produksi barang tersebut secara maksimal. Jadi, Anda tidak menciptakan permintaan untuk pembuatan barang baru yang membutuhkan energi tambahan atau menghabiskan lebih banyak sumber daya alam.

Tidak Membuang Banyak Kemasan

Pernahkan Anda saat membeli suatu barang baru yang disertai kemasan berisi banyak plastik dan kardus? Hal ini memang disediakan oleh pihak produsen agar barang bisa sampai ke tangan konsumen dengan aman dan tidak rusak. Akan tetapi, jika Anda membeli barang bekas, tentu sampah kemasan yang dibuang tidak akan sebanyak jika Anda membeli barang baru.

Mendukung Bisnis Lokal

Membeli barang bekas bisa membantu bisnis lokal dan organisasi nirlaba. Jadi Anda tidak hanya akan menghemat uang, tapi juga sekaligus membantu kegiatan sosial dan melestarikan lingkungan.

Menemukan Barang-barang Unik

Saat Anda membeli yang baru, Anda biasanya memilih dari barang-barang produksi massal yang mungkin dimiliki oleh Anda dan tetangga. Saat mencari barang bekas, biasanya Anda akan menemukan barang-barang unik yang mungkin tidak dijual atau diproduksi lagi, seperti buku-buku dan kamera kuno atau antik. Tidak jarang, banyak kolektor yang mengincar barang-barang tersebut kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi.