Tidak Merampok, Ternyata Viking Membawa Kuda dan Anjing Saat Berlayar ke Inggris
Tekno

Tidak Merampok, Ternyata Viking Membawa Kuda dan Anjing Saat Berlayar ke Inggris

  • Viking yang berlayar dari Skandinavia ke Inggris sekitar abad ke-9 M membawa kuda, anjing, dan bahkan mungkin babi.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

LONDON-Viking yang berlayar dari Skandinavia ke Inggris sekitar abad ke-9 M membawa kuda, anjing, dan bahkan mungkin babi.

Pendapat baru ini membantah anggapan sebelumnya Viking yang menyerang dianggap telah mencuri sebagian besar hewan dari desa-desa di Inggris.

Temuan dari penggalian pemakaman Skandinavia di Derbyshiredi Inggris juga memberikan bukti bahwa para pemimpin Viking memiliki hubungan dekat dengan hewan dan melakukan perjalanan bersama mereka, kata ilmuwan utama tersebut.

“Mayat hewan dan manusia yang dikremasi telah ditemukan terkubur bersama, menunjukkan bahwa makhluk itu memiliki arti khusus dan dibakar di atas tumpukan kayu yang sama dengan manusia,” kata peneliti doktoral Tessi Löffelmann, dari Universitas Durham dan Vrije Universiteit Brussels kepada BBC News Kamis 2 Februari 2023.

"Mereka diperlakukan lebih seperti hewan pendamping daripada hanya untuk tujuan ekonomi," katanya.

"Saya merasa sangat menyentuh dan menunjukkan bahwa kita meremehkan betapa pentingnya hewan bagi Viking."

Kuda dan anjing akan melakukan perjalanan dengan longboat Viking melintasi Laut Utara, sebuah perjalanan yang bisa memakan waktu beberapa minggu. "Kuda saat itu lebih kecil dari kuda sekarang, yang bisa membuat perjalanan sedikit lebih akomodatif, tetapi mungkin masih basah dan tidak nyaman," kata  Löffelmann.

Para ilmuwan menggali gundukan pemakaman Skandinavia di Derbyshire/Tessi Löffelmann

Prof Julian Richards, dari University of York yang ikut mengarahkan penggalian mengatakan, "Permadani Bayeux menggambarkan kavaleri Norman menurunkan kuda dari armada mereka, tetapi ini adalah demonstrasi ilmiah pertama bahwa prajurit Viking mengangkut kuda ke Inggris 200 tahun sebelumnya. "

Mitologi Norse dan saga abad ke-13 menunjukkan hewan memainkan peran besar dalam kehidupan Viking.

Para ilmuwan juga menemukan tulang babi di Heath Wood, satu-satunya situs kremasi Skandinavia besar di Inggris. Tetapi , ini mungkin merupakan tanda atau bagian dari permainan yang dibawa dari Skandinavia, bukan hewan hidup.

Mereka menemukan hewan itu berasal dari Skandinavia dengan menganalisis strontium di tulang mereka. Unsur ini muncul secara alami di bebatuan, tanah, dan air, sebelum masuk ke tumbuhan - dan, saat dimakan, tulang dan gigi.

Arkeolog Cat Jarman, yang pernah bekerja di Heath Wood tetapi tidak terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan menggunakan teknik ini pada tulang yang dikremasi "sangat menarik" karena banyak penguburan Viking menggunakan kremasi. "Itu telah membuka jalan bukti yang sama sekali baru," katanya. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Plos One.