<p>Bersepeda VS berlari, olahraga manakah yang lebih menyehatkan tubuh? Simak penjelasannya di sini/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Tidak Perlu Habiskan Uang, Inilah Hobi yang Murah Sekaligus Bikin Penat Hilang

  • Inilah hobi yang murah sekaligus bikin penat hilang tanpa harus menghabiskan banyak uang Anda.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Hari libur atau waktu senggang usai bekerja memang tepat untuk melakukan hobi. Dengan keluar dari kebiasaan lama dan melakukan hobi, Anda bisa lebih santai dan menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari.

Baik Anda mencoba menghemat uang atau hanya ingin mencoba keluar dari kebiasaan lama yang sama, menemukan cara baru untuk menikmati waktu senggang akan bisa terasa lebih menyenangkan. Oleh karena itu, coba deretan hobi yang murah namun bisa tetap membuat penat Anda hilang berikut ini.

Hiking atau Bersepeda

Anda tidak perlu pergi ke gym untuk membuat tubuh tetap aktif. Sebaliknya, berjalan-jalanlah di sekitar lingkungan atau kompleks apartemen Anda. Cari jalur lokal yang cocok untuk pemula.

Jika berjalan bukan merupakan pilihan Anda, Anda bisa memilih membeli sepeda murah baik baru atau bekas, kemudian bersepedalah keliling kota Anda. Lebih baik lagi, jika Anda berada di kota besar, sewalah sepeda selama satu atau dua hari dan lihat apakah hobi tersebut layak untuk diinvestasikan.

Membaca Buku

Membaca buku adalah hobi murah yang memiliki banyak manfaat. Membaca buku memaksa Anda untuk tetap fokus pada sesuatu yang bermakna, dan dapat berfungsi sebagai pelarian, serta memicu kreativitas atau inspirasi. Jika Anda membaca buku nonfiksi, Anda mungkin akan belajar sesuatu yang baru.

Jika Anda bukan tipe orang suka membalik halaman buku, cobalah mendengarkan audiobook. Mendengarkan buku berbentuk audiobook seperti saat Anda mendengarkan sebuah podcast, sehingga Anda dapat membawanya ke mana saja dan mendengarkannya sambil jalan-jalan.

Daripada membeli buku, cobalah meminjamnya dari perpustakaan. Banyak perpustakaan terus memperluas pilihan buku digital mereka, sehingga peluang untuk dapat meminjam buku audio atau ebook lebih besar dari sebelumnya. Anda juga dapat menemukan banyak situs web yang menawarkan ebook gratis, meskipun mungkin edisi buku yang lama.

Menulis

Menulis puisi, cerita pendek, atau bahkan novel bisa menjadi perjalanan kreatif yang luar biasa untuk dilakukan. Yang diperlukan hanyalah pena dan kertas, atau perangkat lunak seperti Microsoft Word atau Google Documents.

Anda juga bisa mengunggah tulisan Anda di platform blogging. Selain dapat mengasah kreativitas dan menjadi sarana pelepas penat, blogging juga bisa digunakan untuk mendapatkan uang tambahan.

Memasak

Menghabiskan waktu di dapur mungkin bagi sebagian orang tampak sebagai kegiatan yang menyiksa. Akan tetapi, memasak sambil bereksperimen menggunakan bahan yang berbeda dapat membuat pikiran Anda jadi tenang dan santai. Hobi memasak juga relatif lebih murah daripada Anda membeli makanan baru dari luar.

Berkemah

Berkemah adalah hobi yang bagus untuk dipasangkan dengan hiking, dan merupakan hobi yang cukup murah. 

Untuk pemula, Anda perlu mempersiapkan tenda, kantong tidur, kayu bakar, dan korek api. Anda dapat membeli tenda kecil atau menyewanya saja di toko persewaan alat-alat berkemah. Tentu saja, Anda harus membawa makanan kecuali jika Anda bisa memancing atau berburu, tetapi resep sederhana seringkali yang Anda butuhkan.

Jika ada orang yang suka berkemah di keluarga atau lingkaran teman Anda, tanyakan apakah Anda dapat pergi bersama mereka dalam perjalanan. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyiapkan lebih banyak barang untuk berkemah.