<p>Tenaga kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 produksi Sinovac usai dilakukan penyuntikan di RS Siloam TB Simatupang, Jakarta, Kamis, 14 Januari 2021.Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Dunia

Tidak Perlu Khawatir, Vaksin Sinovac dan AstraZeneca Efektif Lawan Varian Baru Virus Corona

  • Varian Baru Virus Corona dari Inggris (Alpha), India (Delta), Afrika Selatan (Beta) dilaporkan sudah menyebar di Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono menyebut masyarakat tidak perlu khawatir soal efikasi vaksin terhadap varian baru virus corona tersebut.
Dunia
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA – Varian baru virus Corona dari Inggris (Alpha), India (Delta), Afrika Selatan (Beta) dilaporkan sudah menyebar di Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono menyebut masyarakat tidak perlu khawatir soal efikasi vaksin terhadap varian baru virus corona tersebut.

Menurut Dante, vaksin Sinovac dan AstraZeneca yang tersedia di Indonesia saat ini efektif meminimalisir gejala virus corona.

“Tidak ada resistensi dari pemberian vaksin AstraZeneca varian baru Delta, jadi varian baru Delta ini masih efektif untuk ditanggulangi dengan menggunakan vaksin AstraZeneca. Sama juga dengan Sinovac, masih efektif,” kata Dante saat kunjungan kerja ke Bali dalam keterangan resmi, Jumat, 18 Juni 2021.

Hal senada diungkapkan Juru Bicara Penanganan COVID-19 Reisa Broto. Menurutnya, studi dari Public Health England (PHE) membuktikan vaksin Astrazeneca efektif melawan varian virus corona Delta dari India.

“Vaksin juga menunjukkan tingkat efektivitas yang tinggi terhadap Varian Alpha atau b.1.1.7 yang sebelumnya disebut varian ‘kent’ Inggris dengan menurunkan 86% rawat inap dan tidak ada kematian yang dilaporkan,” kata Reisa dalam keterangan tertulis, Sabtu, 19 Juni 2021.

Sementara itu, Reisa tidak merinci tingkat efikasi vaksin Sinovac untuk melawan varian baru virus tersebut. Reisa hanya memberi penjelasan vaksin Sinovac efektif mencegah kematian dan gejala berat pada pasien varian baru COVID-19

Berkaca dari Inggris yang berhasil menurunkan tingkat keterisian rumah sakit hingga 86% karena gencar melakukan vaksinasi COVID-19. Hal ini lah yang tengah didorong Indonesia dengan menargetkan vaksinasi 1 juta dosis per hari pada Juli 2021. (SKO)