<p>Sumber: Instagram.com/bps_statistics</p>
Nasional & Dunia

Tidak Ribet, BPS akan Sensus Penduduk Secara Online

  • JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja mengumumkan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020) akan dilakukan secara online pada Minggu (19/01). Sensus dilakukan dengan mengakses situs sensus.bps.go.id. Ini merupakan sensus pertama di Indonesia yang menggunakan media online dalam pengumpulan datanya. Sensus penduduk di Indonesia sudah dilakukan BPS sejak tahun 1961. Semenjak itu metode yang digunakan […]

Nasional & Dunia
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja mengumumkan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020) akan dilakukan secara online pada Minggu (19/01).

Sensus dilakukan dengan mengakses situs sensus.bps.go.id. Ini merupakan sensus pertama di Indonesia yang menggunakan media online dalam pengumpulan datanya.

Sensus penduduk di Indonesia sudah dilakukan BPS sejak tahun 1961. Semenjak itu metode yang digunakan adalah cara tradisional yang dilakukan secara wawancara atau disebut juga door to door.

Pada laman sosial media miliknya @bps_statistics, BPS menyatakan seiring berjalannya waktu, teknologi semakin maju, BPS memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan pendataan secara online. Sehingga hal ini diharapkan dapat mempermudah pengumpulan data sensus penduduk.

“Melalui online, sensus penduduk jadi lebih mudah dan tidak ribet. Jadi pastikan #SahabatData tercatat ya” Tulis akun resmi BPS di platform Instagram.

BPS juga menyatakan, masyarakat hanya perlu mengakses situs sensus.bps.go.id, lalu menjawab pertanyaan dengan benar dan jujur. Periode pelaksanaan sensus penduduk online ini, dimulai dari tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020.