Laptop
Gaya Hidup

Tidak Selalu Aman, Wi-Fi Pribadi Juga Bisa Diretas! Kenali Ciri-cirinya

  • Simak beberapa ciri-ciri hacker telah menyusup Wi-Fi pribadi Anda. Tetaplah waspada dan selalu berhati-hati.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda mungkin sudah sering mendengar tentang bahaya menggunakan Wi-Fi publik karena para hacker dapat dengan mudah menyusupinya. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa Wi-Fi pribadi Anda juga rentan untuk diretas?

Penjahat dunia maya dapat meretas Wi-Fi pribadi Anda dan mengambil informasi pribadi Anda. Dengan memahami cara kerja mereka, Anda bisa membantu mengamankan jaringan dengan lebih baik.

Tanda-tanda Wi-Fi Pribadi Anda Telah Diretas Hacker

Penjahat dunia maya mencoba melakukan berbagai cara non invasif ketika mereka menyusup ke jaringan Wi-Fi pribadi Anda. Akan tetapi, jika Anda jeli Anda akan melihat tanda-tanda berikut ini ketika terjadi peretasan.

1. Perangkat dengan Alamat IP yang Tidak Dikenal Telah Terhubung

Setiap perangkat yang berjalan di jaringan internet memiliki alamat protokol internet (IP) yang unik. Wi-Fi pribadi Anda tentu memiliki daftar semua alamat IP yang terhubung ke routernya pada suatu waktu. Anda mungkin tidak melihat perangkat di permukaan karena perangkat tersebut disimpan di area yang ditentukan. Akan tetapi, Anda bisa mencoba menavigasikan ke bagian alamat IP pada pengaturan perangkat Anda untuk memeriksa apakah ada alat yang tidak dikenal yang tersambung dengan Wi-Fi Anda.

2. Browser Anda Sedang Dialihkan

Saat penyusup menyusup ke Wi-Fi Anda, browser Anda akan mulai menjalankan beberapa fungsi yang tidak Anda lakukan. Misalnya, jika Anda mengetikkan URL tertentu, Anda justru diarahkan Anda ke situs web aneh. Hati-hati, ini bukan sebuah kecelakaan. Pelaku kejahatan dapat mengubah pengaturan DNS Anda, mengarahkan browser Anda ke situs berbahaya untuk mengambil data Anda.

3. Kata Sandi atau Password Wi-Fi Anda Telah Berubah

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa kata sandi Wi-Fi Anda tiba-tiba salah? Jika Anda tidak mengubahnya, bisa jadi si hacker atau peretas yang melakukannya. Salah satu hal pertama yang dilakukan hacker saat meretas router Anda adalah mengubah kata sandi. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda tidak dapat langsung mengakses akun Anda, sehingga mereka dapat memiliki kendali lebih untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan.

4. Koneksi Internet Anda Tiba-tiba Menjadi Lambat

Koneksi internet tercepat yang tiba-tiba berubah lambat bisa disebabkan karena berbagai alasan. Namun jika jaringan Anda sangat lambat dalam jangka waktu yang lama, hacker mungkin terhubung ke jaringan tersebut dan melakukan aktivitas yang memperlambatnya. Jaringan yang lambat terjadi ketika banyak bandwidth yang terpakai, yang itu bisa berarti penyusup mungkin menjalankan tugas yang memakan bandwidth tinggi.

Itu tadi beberapa ciri-ciri hacker telah menyusup Wi-Fi pribadi Anda. Tetaplah waspada dan selalu berhati-hati.