Ternyata Ada 5 Tipe Kepribadian yang Berdasarkan Penggunaan Uang, Anda yang Mana?
Gaya Hidup

Tidak Selalu Berdampak Negatif, Ini yang Bisa Anda Lakukan untuk Menerima Inflasi Gaya Hidup

  • Inilah beberapa cara  untuk menerima inflasi gaya hidup yang baik agar tidak mengalami kekacauan kondisi finansial.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Istilah inflasi gaya hidup cenderung memiliki konotasi yang negatif. Inflasi gaya hidup sendiri memiliki arti meningkatnya pengeluaran gaya hidup saat Anda memiliki peningkatan pendapatan. Jadi, ketika pendapatan Anda meningkat, ternyata pengeluaran Anda juga ikut meningkat.

Inflasi gaya hidup dapat terjadi karena beberapa alasan seperti meningkatnya standar hidup, memuaskan keinginan Anda, menambah anggaran bulanan, dan peningkatan pengeluaran gaya hidup.

Inflasi gaya hidup memang biasanya dianggap buruk karena bahkan setelah pendapatan yang naik, Anda justru tidak memiliki tabungan yang cukup karena pengeluaran Anda juga meningkat. Di sisi lain, dalam beberapa kasus menerima inflasi gaya hidup juga bisa menjadi hal yang baik.

Inflasi gaya hidup sebaiknya tetap dihindari saat Anda ingin berbelanja atau saat Anda ingin menambah biaya gaya hidup untuk makan di luar atau hiburan. Pengeluaran berlebihan sesekali memang dapat dibenarkan, tapi jangan menjadikannya kebiasaan. Sebaiknya Anda harus benar-benar menyimpannya untuk kebutuhan yang lebih penting.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan untuk Menerima Inflasi Gaya Hidup

Inflasi gaya hidup sama sekali tidak buruk jika Anda membuat uang bekerja untuk Anda. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan.

1. Kurangi Utang

Gunakan penghasilan yang meningkat untuk melunasi utang lebih cepat. Utang menimbulkan biaya bunga dan jika Anda cepat melunasi atau membayarnya, Anda juga mengurangi biaya bunga yang harus dibayar.

2. Tingkatkan Gaya Hidup

Jika penghasilan yang terbatas membuat Anda hidup pelit, Anda mungkin membutuhkan inflasi gaya hidup dan meningkatkan standar hidup agar hidup lebih nyaman.

Anda dapat menggunakan penghasilan yang meningkat untuk melakukan liburan yangs udah lama ingin Anda lakukan. Lakukan perjalanan tersebut dan segarkan diri Anda. Selain membuat Anda bahagia, liburan sesekali juga dapat meningkatkan produktivitas sehingga membantu Anda bekerja lebih baik agar gaji semakin meningkatkan.

3. Tingkatkan Investasi

Ketika Anda menggunakan uang ekstra untuk meningkatkan investasi, maka Anda akan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Mulailah rencanakan pensiun atau dengan menabung dari penghasilan tambahan Anda. 

Inflasi gaya hidup ternyata tidak selalu berdampak negatif. Namun, Anda perlu melakukan beberapa cara  untuk menerima inflasi gaya hidup yang baik agar tidak mengalami kekacauan kondisi finansial.