Budi Karya Sumadi
Nasional

Tidak Terburu-buru Lakukan Penyesuaian Tarif Ojol, Menhub Budi Karya: Pengumuman Besok

  • Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan bahwa penyesuaian tarif ojek online akan diumumkan dalam dua hari ke depan.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan penyesuaian tarif ojek online akan diumumkan dalam dua hari ke depan.

Hal ini menurutnya telah disesuaikan dengan kondisi terakhir, termasuk dengan dampak penyesuaian BBM bersubsidi dan tingkat inflasi.

"Saya telah meminta kepada Dirjen Perhubungan Darat untuk mengintensifkan komunikasi dengan mitra ojol dan aplikator agar penerapa tarif dapat berjalan dengan baik," ujar Budi Karya Sumadi dalam saluran YouTube Kementerian Perhubungan RI, pada Senin, 5 September 2022.

Budi menambahkan bahwa sektor transportasi adalah sektor yang akan terdampak langsung dengan adanya penyesuaian BBM.

Karena peran besar transportasi sebagai mobilitas orang dan juga barang serta merupakan backbone bagi perekonomian nasional.

Ia mengakui bahwa adanya penyesuaian harga BBM ini, Kemenhub telah melakukan koordinasi dengan kementerian atau lembaga terkait termasuk pemda untuk mendengarkan saran dan masukan dari semua pihak.

"Tindak lanjut yang kami lakukan adalah penyesuaian tarif angkutan kelas ekonomi khususnya angkutan darat, tarif penumpang ekonomi, AKAP hingga penyesuaian tarif ojek online," ucap Budi Karya Sumadi

Adapun untuk moda transportasi udara penyesuaian tarif sudah dilakukan sebelum adanya kebijakan pengalihan subsidi BBM.

Ia mengaku bahwa keputusan yang Presiden Jokowi ambil adalah keputusan yang sangat sulit.

Ini bertujuan agar subsidi yang diberikan negara bisa diprioritaskan bagi masyarakat yang kurang mampu.