Usai Diresmikan, 'Museum' Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Bisa Dinikmati Masyarakat Indonesia
Transportasi dan Logistik

Tiga Hari, Kereta Cepat Angkut 4.552 Penumpang

  • Uji coba KCJB dapat diikuti dengan harus memesan tiket terlebih dahulu melalui situs resmi PT KCIC yaitu di https://ayonaik.kcic.co.id/.
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

BANDUNG - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melalui Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) mencatatkan telah mengangkut 4.552 penumpang hanya dalam tiga hari masa uji coba antara 15-17 September 2023. 

GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa melaporkan antusiasme warga dalam mencoba KCJB terlihat dari jumlah penumpang pada hari pertama pembukaan uji coba yang mencatatkan hingga 1.740 penumpang. 

Selanjutnya pada tanggal 16 September 2023, KCJB mencatatkan penurunan penumpang yakni tercatat hanya 1.352 orang. Tanggal 17 September 2023, terjadi peningkatan kembali dengan mencatatkan penumpang sebanyak 1.460 sebanyak baik diangkut dari Halim atau Tegalluar seperti dilansir Antara.

"Secara keseluruhan, uji coba operasional bersama masyarakat selama tiga hari ini berjalan dengan lancar aman dan tanpa kendala. Masyarakat juga sangat antusias mengikuti perjalanan kereta cepat," kata Eva di sela-sela uji coba KCJB, Minggu.

Pada masa uji coba tahap I ini diutamakan untuk masyarakat yang terdampak pembangunan rute kereta cepat, media, hingga influencer. Namun pada hari terakhir uji coba tersebut, KCIC membuka registrasi mandiri bagi masyarakat umum untuk uji coba tahap I yang akan dilakukan pada 18-24 September 2023. 

KCIC juga akan kembali membuka kuota pendaftaran uji coba KCJB tahap II untuk masyarakat umum pada 24 September 2023 mendatang. Uji coba tahap II tersebut berlaku untuk perjalanan pada periode tanggal 25 hingga 30 September atau setelah perjalanan uji coba tahap pertama usai.

Untuk tahap uji coba ini, Eva menyebutkan pihaknya telah menyiapkan kuota sekitar 2.000 tempat duduk yang terbagi dalam empat perjalanan kereta dengan masing-masingnya tersedia kuota 500-550 tempat duduk tiap rangkaian kereta.

Kereta berkecepatan 350 km per jam tersebut menghabiskan waktu sekitar 45 menit untuk perjalanan dari Tegalluar sampai ke Halim dengan satu pemberhentian di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, sekitar dua menit.

KCIC mengungkap uji coba KCJB dengan penumpang ini dilakukan hingga 30 September 2023 secara gratis, dengan empat jadwal perjalanan KA Halim - Tegalluar pulang pergi (PP) dengan jadwal:

1. Relasi Stasiun Halim - Tegalluar PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

2. Relasi Stasiun Tegalluar - Halim PP : Pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

Uji coba KCJB dapat diikuti dengan harus memesan tiket terlebih dahulu melalui situs resmi PT KCIC yaitu di https://ayonaik.kcic.co.id/.

Pada laman tersebut calon penumpang diharuskan mengisi kolom pilihan relasi perjalanan, tanggal, dan jumlah calon penumpang. Satu orang penumpang hanya dapat memesan untuk dua orang saja dan satu NIK juga hanya dapat melakukan satu kali pemesanan tiket uji coba kereta cepat tersebut.