<p>Karyawan beraktivitas dengan latar belakang layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 4 Januari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Tiga Hari Melantai, Bank Syariah Indonesia Terus Lari Kencang di Pasar Modal

  • JAKARTA – Sejak resmi beroperasi pada 1 Februari 2021, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) sudah berhasil meningkatkan kapitalisasi pasar serta harga saham secara signifikan. Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi menyampaikan, saham BRIS melejit ke level Rp2.810 pada perdagangan hari ini pukul 09.36 WIB. Artinya, saham BRIS sudah meningkat lima kali lipat sejak […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Sejak resmi beroperasi pada 1 Februari 2021, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) sudah berhasil meningkatkan kapitalisasi pasar serta harga saham secara signifikan.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi menyampaikan, saham BRIS melejit ke level Rp2.810 pada perdagangan hari ini pukul 09.36 WIB.

Artinya, saham BRIS sudah meningkat lima kali lipat sejak penawaran saham perdana (IPO) di level Rp510 per lembar.

“Kami sangat senang melihat kinerja positif BRIS, harapannya BRIS bisa menjadi promadona dan masuk dalam indeks IDX BUMN 20,” kata Hery dalam pembukaan perdagangan pasar virtual, Kamis, 4 Februari 2021.

Kenaikan harga saham berimbas pada meningkatnya kapitalisasi pasar entitas hasil merger tiga bank syariah milik negara itu. Hingga saat ini, kapitalisasi pasar BRIS mencapai Rp115,3 triliun. Padahal, kapitalisasi pasar BRIS pada saat IPO hanya sebesar Rp4,96 triliun.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengapresiasi kinerja BRIS. Menurut Wimboh, fenomena ini mengindikasikan minat dan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap kehadiran BRIS.

“Raksasa sudah lahir, ini terlihat saat dibuka banyak sentimen positif. Ini juga akan mendukung pengembangan pasar modal Indonesia,” kata Wimboh.

Meski kinerja awalnya baik, namun Wimboh mengingatkan bahwa BRIS masih memiliki segudang tantangan untuk dapat mencapai target di masa mendatang. Sebagaimana diketahui, pemerintah menargetkan BRIS masuk dalam 10 jajaran bank syariah terbesar di dunia dunia.