Co-Founder Northstar Group Patrick Walujo . Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Korporasi

TikTok Gabung Tokopedia, Patrick Walujo Borong Saham GOTO Rp5 M

  • Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Patrick Sugito Walujo memborong saham GOTO pada Rabu,13 Desember 2023. Aksi borong itu dilakukan usai TikTok berinvestasi ke Tokopedia.
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Patrick Sugito Walujo memborong saham GOTO pada Rabu,13 Desember 2023. Aksi borong itu dilakukan usai TikTok berinvestasi ke Tokopedia. Patrick Walujo merogoh kocek senilai Rp5 miliar dengan harga rata-rata pembelian Rp89 per lembar saham. 

Patrick membeli saham GOTO melalui transaksi pasar reguler di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jumlahnya sebanyak 56.180.000 lembar saham seri A  atau setara 0,005% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan.

"Transaksi dilaksanakan melalui pasar reguler di BEI pada 13 Desember 2023. Transaksi pembelian saham dilakukan untuk tujuan investasi pribadi," tulisnya dalam keterbukaan informasi, Kamis 14 Desember 2023.

Baca Juga: Resmi! Tiktok Shop Investasi ke Tokopedia Rp23,4 Triliun

Atas pembelian itu, total kepemilikan saham Patrick Walujo di GOTO bertambah dari 211.070.000 lembar saham menjadi 267.250.000 lembar saham atau setara dengan 0,02%.

Seperti diketahui sebelumnya, dua hari sebelum Patrick melakukan transaksi ini, TikTok pada (11/12) mengumumkan kemitraan strategis dengan GOTO. TikTok berinvestasi lebih dari US$1,5 miliar atau setara dengan Rp23,4 triliun (Kurs Rp15.617 dolar AS) ke GOTO.

Prospek saham GOTO

Menanggapi investasi TikTok dalam GOTO, tim riset CGS-CIMB Sekuritas menyatakan bahwa investor dapat mempertimbangkan opsi speculative buy atau pembelian saham dengan tujuan spekulatif terhadap saham GOTO. "Spec buy dengan support Rp100. Cut loss jika break di bawah Rp92," tulis Tim Riset CGS-CIMB Sekuritas dalam riset. 

CGS-CIMB Sekuritas menambahkan jika saham GOTO berhasil mempertahankan level di atas Rp100, maka ada potensi kenaikan saham GOTO ke kisaran Rp116-Rp124 dalam jangka pendek atau short term.

Sebelumnya, Analis Bloomberg Intelligence Research Nathan Naidu pada Jumat, 8 Desember 2023 juga menuturkan potensi sinergi antara GOTO dan TikTok dapat meningkatkan daya tarik GOTO ke dana asing. Asal tahu saja kabar investasi TikTok ke GOTO telah mengemuka sejak awal pekan lalu. 

"Sinergi potensial GOTO dengan TikTok dapat meningkatkan daya tarik GOTO ke investor asing, karena profitabilitasnya meningkat seiring dengan monetisasi yang lebih baik dan disiplin biaya," kata Naidu dalam risetnya. 

Menurutnya, kolaborasi ini dapat berfungsi sebagai indikator yang positif bagi investor internasional yang tertarik untuk mendapatkan bagian dari pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, terutama setelah GOTO dimasukkan ke dalam indeks MSCI dan FTSE. 

Sebab, dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, diprediksi akan menjaring lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM. Para pelaku UMKM tersebut juga mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo.