Ilustrasi kantor TikTok.
Tekno

TikTok Shop Aktif Lagi, Media Asing Sebut Jadi Contoh Negara Lain

  • JAKARTA – Kembali aktifnya TikTok Shop di Indonesia menjadi sorotan media asing. Terlebih lagi, comeback-nya TikTok Shop berbarengan dengan Harbolnas
Tekno
Fajar Anjungroso

Fajar Anjungroso

Author

JAKARTA – Kembali aktifnya TikTok Shop di Indonesia menjadi sorotan media asing. Terlebih lagi, comeback-nya TikTok Shop berbarengan dengan Hari Belanja Nasional atau Harbolnas 12.12.

Salah satu media Inggris, Developing Telecoms menuliskan artikel berjudul ‘Could TikTok Shopping Soon Return to Indonesia?". 

Artikel itu mengulas TikTok mengambil alih saham Tokopedia selaku platform e-commerce terbesar Indonesia. Di saat bersamaan, Tokopedia mengakuisisi bisnis TikTok Shop.

Strategi ini dipilih agar bisnis model itu tidak menabrak peraturan pemerintah. Duet Tiktok dan Tokopedia ini bisa menjadi contoh negara lain untuk menerapkan aturan serupa.

BACA JUGA: Comeback Saat Harbolnas, Berikut Cara Berbelanja di TikTok Shop

Lewat judul “TikTok Set to Restart E-commerce in Indonesia with $1.5 Billion Tokopedia Investment”, Reuters mengutip pernyataan CEO GoTo Patrick Waluyo yang berharap Kerjasama dengan TikTok membawa banyak manfaat dalam layanaan e-commerce, on-demand, dan bisnis fintech.

“Kami menciptakan juara e-commerce Indonesia, menggabungkan kehadiran lokal Tokopedia yang kuat dengan jangkauan pasar massal dan kehebatan teknologi TikTok,” katanya. 

Sebelumnya, TikTok Shop terpaksa ditutup lantaran tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023 pada Rabu (4/10/2023) .

Aturan itu melarang aplikasi media sosial seperti TikTok, Instagram, dan Facebook memiliki fitur jualan.