Ilustrasi kapal feri yang dikelola ASDP
Transportasi dan Logistik

Tiket Elektronik Pelayaran Situbondo-Sumenep Diterapkan Bertahap

  • Keuntungan utama dari metode pembelian tiket elektronik adalah merekam data penumpang.
Transportasi dan Logistik
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

SITUBONDO - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang Banyuwangi terapkan pembelian tiket elektronik secara bertahap. Kebijakan tersebut dijalankan seiring dengan ditetapkannya tarif terpadu penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo ke sejumlah kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura.

"Pekan depan penerapan tarif tiket terpadu penyeberangan baru dari Jangkar ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep sudah diberlakukan dan secara bertahap pembelian tiket elektronik juga kami terapkan," ujar General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi, Syamsudin ketika sosialisasi penyesuaian tarif tiket terpadu di Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur, Rabu, 8 November 2023.

Atas kebijakan tersebut, Syamsudin berharap calon penumpang kapal feri bisa segera beradaptasi dengan perubahan sistem pembelian tiket dari tunai ke nontunai tersebut. Kebijakan tersebut akan diterapkan bagi penumpang dari Jangkar ke Kalianget, Pulau Raas, Pulau Sapudi, dan Pulau Kangean, yang merupakan kepulauan yang berada di wilayah Kabupaten Sumenep.

Syamsudin mengakui memang tidak mudah mengubah kebiasaan penggunaan tiket manual ke tiket elektronik melalui aplikasi. Namun Syamsudin beranggapan hal tersebut harus dilakukan untuk kebaikan bersama dan menjadi langkah positif merubah pelayanan kepelabuhan menjadi lebih baik, khususnya di Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Syamsudin juga mengungkapkan, pihaknya akan mengerahkan karyawannya untuk memberikan edukasi pada calon penumpang terkait perubahan pembelian tiket tunai ke nontunai atau elektronik. ASDP sendiri telah menjadi pengelola Pelabuhan Jangkar Situbondo sejak 7 Agustus 2023.

"Pemberlakuan tiket elektronik ini dilakukan secara bertahap karena kami membuka ruang adaptasi hingga masyarakat calon penumpang kapal nantinya terbiasa menggunakan e-ticketing," ujar Syamsudin.

Pembelian tiket elektronik menurut Syamsudin memiliki berbagai keuntungan. Keuntungan utama dari metode pembelian tiket tersebut adalah merekam data penumpang sehingga dapat memudahkan pelacakan penumpang jika ada kepentingan yang mendesak atau darurat.

Selain itu, Syamsudin mengklaim adanya tiket elektronik dari Jangkar ke kepulauan di Kabupaten Sumenep ini akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi baru di sekitar pelabuhan. Hal tersebut karena nantinya kebijakan pembelian tiket elektronik ini akan mendorong hadirnya gerai-gerai tiket elektronik.

Rencananya tarif tiket terpadu untuk penyeberangan dari Pelabuhan akan diberlakukan mulai pekan depan. Tujuan penyeberangan tersebut mencakup Kalianget, Pulau Sapudi, Pulau Raas, dan Pulau Kangean.

Penyesuaian tarif tiket penyeberangan ini berdasarkan pada Keputusan Direksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) KD.369/OP.404/ASDP-2023 mengenai tarif tiket terpadu lintas antar-kabupaten/kota dalam Provinsi Jawa Timur untuk penyeberangan dari Pelabuhan Jangkar yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry.