Pemudik bersiap menaiki kereta api Gumarang relasi Jakarta Pasar Senen- Surabaya Pasar Turi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jum'at, 29 April 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Tiket Kereta Api Arus Balik Masih Tersedia, Cek Tanggalnya!

  • PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) masih menyediakan tiket balik di tanggal alternatif. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket, kini bisa membeli tiket pada keberangkatan mulai hari ini.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) masih menyediakan tiket balik di tanggal alternatif. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket, kini bisa membeli tiket pada keberangkatan mulai hari ini dan seterusnya karena jumlah tiket yang tersedia masih banyak. 

Selain itu, PT KAI telah mencatat jumlah tiket Kereta Api (KA) Jarak Jauh yang masih tersedia mulai tanggal 9-13 Mei 2022 sebanyak rata-rata 53.921 tiket per hari.

Dilansir dari situs resmi milik PT KAI pada Senin, 9 Mei 2022, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa anjuran bepergian di tanggal alternatif ini sesuai arahan pemerintah untuk mengurangi kepadatan pada arus balik lebaran. 

Dirinya juga menambahkan bahwa Pemerintah juga sudah menetapkan Work From Home (WFH) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan perpanjangan libur sekolah di berbagai daerah guna mengurangi kepadatan arus balik lebaran 2022.

KAI berharap masyarakat dapat memanfaatkan perjalanan KA yang masih tersedia ini pada keberangkatan 9 Mei dan seterusnya. Pemesanan tiket dapat dilakukan di KAI Access, web KAI, atau seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

“Perjalanan dengan kereta api khususnya di masa Angkutan Lebaran ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding moda transportasi darat lainnya yaitu bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman, sehat, dan aman, serta mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya,” kata Joni.

Adapun tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual berdasarkan tanggal keberangkatan:
- 9 Mei sebanyak 103.242 tiket (okupansi 81%)
- 10 Mei sebanyak 76.762 tiket (okupansi 63%)
- 11 Mei sebanyak 62.330 tiket (okupansi 51%)
- 12 Mei sebanyak 49.635 tiket (okupansi 41%)
- 13 Mei sebanyak 52.846 tiket (okupansi 43%)