Mewakili Indonesia, Klub Jakarta Bhayangkara Presisi, tim bola voli putra Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), berangkat ke Bahrain untuk merebut gelar Juara Asia di ajang Asian Men's Volleyball Championship (AVC) pada 14-21 Mei 2023.
Nasional

Tim Voli Jakarta Bhayangkara Presisi Berangkat ke Bahrain untuk Rebut Gelar Juara Asia di AVC 2023

  • Jakarta Bhayangkara Presisi akan bersaing dengan 15 negara yang mengirim perwakilan di ajang bola voli antarklub paling bergengsi di tingkat Asia.
Nasional
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Klub Jakarta Bhayangkara Presisi, tim bola voli putra Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), berangkat ke Bahrain untuk merebut gelar Juara Asia di ajang Asian Men's Volleyball Championship (AVC) pada 14-21 Mei 2023.

Mewakili Indonesia di ajang tersebut, klub Jakarta Bhayangkara Presisi dilepas secara resmi oleh Inspektorat Pengawasan Umum Polri, pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), dan PT Pertamina (Persero) di Mutiara Auditorium PTIK, Jakarta, Kamis, 11 Mei 2023.

Jakarta Bhayangkara Presisi akan bersaing dengan 15 negara yang mengirim perwakilan di ajang bola voli antarklub paling bergengsi di tingkat Asia.

Usai pelepasan, sebanyak 30 orang rombongan yang terdiri dari 16 pevoli dan 14 official langsung berangkat menuju Manama City, Bahrain.

Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri yang mewakili Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mengungkapkan rasa bangga kepada Jakarta Bhayangkara Presisi karena bisa mewakili tim voli Indonesia di kancah internasional.

"Selamat bertanding kepada para pemain, semoga sukses, dan membawa prestasi. Tetap jaga semangat dan kekompakan karena pertandingan ini bukan semata-mata hanya membawa nama klub dan kepolisian, tetapi juga mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional," ujar Ahmad.

Ketua Umum Pengurus PBVSI Komjen pol Imam Sudjarwo mengatakan bahwa Jakarta Bhayangkara Presisi terpilih untuk mewakili Indonesia karena prestasi mereka sebagai runner up di Proliga 2023.

Berdasarkan hasil drawing, Jakarta Bhayangkara Presisi tergabung di grup A pada babak penyisihan dan akan menghadapi tim-tim yang cukup kuat, yaitu Al-Ahli (Bahrain), Incheon Korean Air Jumbos (Korea Selatan), dan Canberra Heat (Australia).

Imam berharap Jakarta Bhayangkara Presisi bisa tampil maksimal karena pengalaman yang sudah ditorehkan di kancah internasional.

Sebelumnya, sejumlah pemain dari Jakarta Bhayangkara Presisi turut bergabung dalam tim nasional (timnas) bola voli di Sea Games 2023 Kamboja dan membawa pulang medali emas, termasuk juga di ajang Sea Games 2021 di Vietnam.

Untuk diketahui, timnas bola voli putra Indonesia telah mencatat prestasi di Sea Games 2023 dengan peraihan medali emas setelah membekuk Kamboja sebagai tuan rumah di laga final.

Dengan pencapaian tersebut, timnas bola voli putra telah mempertahankan medali emas di ajang Sea Games sebanyak tiga kali berturut-turut, yakni Sea Games 2019, Sea Games 2021, dan Sea Games 2023.

Hingga saat ini, Indonesia menjadi negara dengan perolehan medali terbanyak dibanding negara-negara Asia Tenggara lainnya pada cabang olahraga bola voli putra. Indonesia meraih 12 kali medali emas, 7 medali perak, serta 2 medali perunggu.

Sebagai sponsor utama dari Jakarta Bhayangkara Presisi, Pertamina turut mengikuti pelepasan tim dengan diwakili oleh VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

Fadjar menyampaikan selamat dan apresiasi kepada Jakarta Bhayangkara Presisi yang mewakili Indonesia di laga AVC 2023.

Pertamina pun memberikan dukungan dan menyambut baik segala upaya yang dilakukan untuk memajukan cabang olahraga bola voli Indonesia.

"Mewakili Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, kami sampaikan bahwa sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina berkomitmen untuk mendukung penuh tim Jakarta Bhayangkara Presisi sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia untuk berlaga di kejuaraan Asia. Kami ucapkan selamat bertanding, semoga kontribusi kami dapat memberikan yang terbaik untuk negeri," tutur Fadjar.

Sementara itu, Manajer tim Jakarta Bhayangkara Presisi Irjen Pol Pipit Rismanto mengungkapkan bahwa timnya terus mempersiapkan diri menjelang kejuaraan di Bahrain dengan pemusatan latihan, baik bagi pemain yang tergabung di timnas Sea Games 2023 maupun yang tidak.

Pipit menargetkan Jakarta Bhayangkara Presisi untuk dapat menjadi yang terbaik di AVC 2023. Ia pun optimis karena tim saat ini pun didampingi oleh pelatih yang berpengalaman.

Ia berharap, semangat kemenangan yang telah dicapai di Kamboja dapat mengikuti sampai ke AVC di Bahrain.

"Atas nama Jakarta Bhayangkara Presisi, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dan perhatian yang diberikan oleh Polri, PBVSI, dan Pertamina selaku sponsor utama yang sudah datang dan memberikan motivasi kepada para pemain beserta staf dan official. Kami akan melakukan yang terbaik untuk meraih hasil maksimal," kata Pipit.